5 Olahan Cumi Lezat & Menggiurkan Berbagai Negara - Male Indonesia
5 Olahan Cumi Lezat & Menggiurkan Berbagai Negara
MALE ID | Relax

Olahan cumi atau juga sering disebut sebagai calamari memang begitu menggoda selera. Umumnya, cumi disajikan dalam balutan tepung crispy. Kerenyahannya sulit dibendung, sehingga sukses membuat penikmatnya ketagihan.

Bila MALEnials adalah penyuka seafood dan ingin mencicipi varian lain dari olahan cumi, Anda bisa mencoba beberapa makanan khas dunia yang menjadikan cumi sebagai bahan utamanya. Simak ulasan berikut.

Adobong pusit (Filipina)

Ray Bouknight/flickr

Olahan cumi andalan Filipina yaitu adobong pusit. Pusit sendiri berarti cumi dalam bahasa Indonesia. Cumi diolah menggunakan adobo, sebuah teknik memasak daging atau ikan yang memadukan kecap dan cuka. Proses memasaknya direbus kemudian ditambahkan garam, lada, bawang merah, bawang putih serta tomat. Begitu disantap, sensasi manis dan asam bercampur menjadi satu.

Koonthal Varattiyathu (India)

Saat menikmati kari cumi India yang disebut koonthal varattiyathu, barangkali Anda akan teringat dengan olahan cumi khas negeri sendiri. Pasalnya, Negeri Bollywood pun memakai rempah-rempah yang tidak kalah banyak sewaktu mengolah bahan makanan, sama seperti Indonesia.

Koonthal varattiyathu berbahan cumi, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, biji mustard, daun kari, lada hitam serta minyak kelapa. Cumi dipotong sampai kecil kemudian dimasukkan ke dalam bahan lain yang telah ditumis. Umumnya disajikan bersama semangkuk nasi hangat.

Bocadillo de Calamares (Spanyol)

Photo credit: mercadodesanmiguel on Visualhunt / CC BY-NC-SA

Bocadillo de calamares merupakan cumi yang disajikan dalam bentuk sandwich paling favorit bagi warga Madrid, Spanyol. Proses pembuatannya cukup sederhana, yakni potongan cumi berbentuk cincin yang dibalut tepung lalu digoreng dengan minyak zaitun.

Begitu selesai, cumi goreng tersebut dijadikan filling di dalam sandwich. Bocadillo de calamares pas sekali untuk dimakan di pagi, siang bahkan malam hari sekalipun. Jangan lupa tambahkan saus tomat, supaya rasanya semakin menggelegar.

Puntilla (Spanyol)

Masih dari Negeri Matador, ada makanan berbahan dasar cumi dengan tekstur renyah yang sayang dilewatkan ketika berada di sana. Puntilla mungkin mengingatkan Anda akan calamari ring biasa. Hanya saja yang membedakannya adalah, olahannya menggunakan cumi berukuran kecil.

Sebelum digoreng, cumi tidak dipotong terlebih dahulu. Pada proses finishing ditambahkan taburan garam dan sedikit perasan lemon. Sudah terbayang betapa gurihnya kan?

Lulas recheadas (Portugal)

pixabay

Kalau olahan cumi yang ini asalnya dari negeri tetangga Spanyol, yakni Portugal. Lulas recheadas berarti cumi isi dalam bahasa Indonesia. Biasanya pada setiap hidangan, bagian tubuh cumi diberi filling berupa campuran telur, irisan tentakel, bawang bombay, bawang putih dan sosis.

Sebagian kuahnya ditumis dengan tambahan irisan tomat, peterseli, garam dan lada demi meningkatkan cita rasanya kemudian dipanggang. Silahkan nilai sendiri usai Anda mencicipinya. Nikmat deh! [GP]

SHARE