Peraturan Aneh Ini Rupanya Berlaku di Swiss - Male Indonesia
Peraturan Aneh Ini Rupanya Berlaku di Swiss
MALE ID | Relax

Ada begitu banyak peraturan aneh di muka bumi ini. Tentu kita sudah pernah mendengar bahwa aturan di sebuah negara terdengar tidak masuk akal. Entah karena tradisi atau budaya yang melekat di tempat itu sejak lama.

pixabay

Sebagai salah satu negara dengan panorama indah di Benua Biru, Swiss menjadi destinasi wisata yang cukup ramai dikunjungi turis dari tahun ke tahun. Sebabnya apa lagi kalau bukan pegunungan Alpen yang berselimut salju. Nah, misalnya Anda punya rencana berkunjung ke sana, ketahui dulu beberapa peraturan aneh yang mengatur setiap warga negara termasuk wisatawan. Seperti dilansir dari Newly Swissed:

Dilarang Berpihak ke Negara Lain
Di Swiss, ada aturan keras yang melarang warganya memihak negara lain. Jika Anda melanggar, artinya Anda melawan hukum dan menyatakan perang secara sepihak.

Wajib Menempel Stiker di dashboard
Selain dilengkapi ban salju, mobil di sana wajib ditempel stiker di bagian dashboard. Stiker itu berbunyi dilarang mengemudi dengan kecepatan lebih dari 160 km/jam menggunakan ban tersebut.

Terbatas dalam Memelihara Hewan
Aturan pemerintah Swiss menyatakan, tidak semua hewan harus dipelihara. Hak-hak para hewan sama di mata pengadilan. Bahkan bisa dibantu oleh pengacara.

Dilarang Memotong Rumput di Hari Minggu
Negeri penghasil jam ternama di dunia, Swiss Army ini sangat memperhatikan warganya dari kebisingan. Guna menghindarinya, pemerintah memberlakukan agar tidak memotong rumput pada hari Minggu. Pasalnya, mesin pemotong rumput akan menimbulkan suara berisik dan mengganggu warga yang sedang menikmati hari libur.

Denda Menanti Jika Lupa Mengaktifkan Rem Tangan
Pasal 4 ayat 37 Undang-undang jalan Swiss menyatakan, “Seorang pengemudi harus tepat dalam mengamankan kendaraan mereka.” Inti pasal itu adalah, barang siapa meninggalkan kunci di dalam mobil atau lupa mengaktifkan rem tangan saat parkir maka akan dikenakan denda.

Dilarang Membuang Botol dan Kaleng Kosong
Walau terkenal sebagai negara dengan tingkat daur ulang tinggi, Swiss menetapkan peraturan aneh yaitu tidak membuang botol dan kaleng kosong di tempat sampah. Namun, aturan ini hanya berlaku pada hari Minggu.

Dilarang Kencing Berdiri (khusus pria)
Seluruh masyarakat Swiss (khusus pria) dilarang kencing sambil berdiri di atas pukul 10 malam waktu setempat. Masih di waktu yang sama, masyarakat dilarang membersihkan kamar mandi, apa pun alasannya.

Tidak Membanting Pintu Mobil
Sama seperti aturan sebelumnya, aturan tidak membanting pintu mobil juga berlaku setelah lewat pukul 10 malam. Alasannya, karena mengganggu tetangga yang istirahat.

Dilarang Membaca Puisi
Barangkali aturan ini bisa dibilang kurang masuk akal alias mustahil. Mengapa? Anda dilarang membaca puisi ketika sedang bermain ski menuruni gunung. Tidak mungkin bisa fokus bermain ski sembari baca puisi, kan? Ketahuilah, hukum di sana telah mengaturnya.

Jangan Menjemur Pakaian
Peraturan aneh yang terakhir di Swiss, warga dilarang menjemur pakaian di bawah sinar matahari, lagi-lagi pada hari Minggu. Itu dikarenakan tak ada seorang pun ingin melihat celana dalam dan kaus kaki putih melambai di rumah orang. [GP]

SHARE