Cara Mujarab Ciptakan Tidur Berkualitas - Male Indonesia
Cara Mujarab Ciptakan Tidur Berkualitas
MALE ID | Sex & Health

Tidur berkualitas tentu memiliki efek yang baik. Pasalnya, perlu Anda ketahui, tidur memiliki peran penting bagi tubuh. Karena saat beristirahat tubuh akan merawat kesehatan baik fisik maupun mental. Selain itu, saat tidur hormon pertumbuhan pun dikeluarkan, sehingga tidur berfungsi juga untuk menunjang pertumbuhan.
Male IndonesiaPhoto by Marvin Meyer on Unsplash

Maka dari itu, apa jadinya jika kualitas tidur tidak maksimal. Untuk membantu tidur berkualitas Anda, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba.

1. Hindari Kopi dan Merokok
Kafein yang terkandung dalam kopi dan nikotin dalam rokok bisa membuat sulit mengantuk. Jika pun ingin memaksakan tidur, hal tersebut tidak membuat kualitas tidur Anda baik. Karena apabila mengonsumsi kopi dan mengisap rokok sebelum tidur, bisa membuat beberapa kali terbangun di malam hari. Maka dari itu, hal ini bisa membuat kualitas tidur menurun dan mengurangi waktu tidur.

2. Hindari Makanan Berat
Tidak sedikit orang untuk mendapatkan tidur berkualitas lebih dahulu mengonsumsi makanan-makanan berat. Mungkin agar kantur segera menyerang. Tetapi nyatanya tidak. Karena, makanan berat akan membuat sistem pencernaan bekerja keras.

Jadi, dengan mengonsumsi makanan berat menjelang waktu tidur akan menunda waktu tidur cepat Anda. Jika lapar di malam hari, siasati dengan mengonsumsi makanan kecil, misalnya biskuit, sereal, atau susu.

Selain itu, baiknya, batasi waktu makan Anda, maksilmal paling lamabat satu jam sebelum tidur. Sehingga kualitas tidur Anda tidak terganggu oleh sistem pencernaan.

3. Hindari Bekerja dan Nonton Tv di Kamar Tidur
Santikan pikiran Anda sebelum tidur. Salah satunya adalah hindari bekerja di tempat tidur. Anda juga dianjurkan untuk melupakan sejenak pikiran yang berhubungan dengan pekerjaan, deadline, atau ujian.

Jauhkan laptop dan ponsel pintar Anda agar tidak tergoa untuk berselancar internet yang akhirnya bisa mengganggu waktu tidur Anda. Menonton tv pun akan mengakibatkan hal yang sama. Hindari menonton tv di kamar tidur agar kualitas tidur Anda tetap terjaga.

4. Hindari Olahraga Berat
Olahraga berat yang dilakukan beberapa orang mungkin bisa membuat segar. Tetapi hal itu juga membutuhkan waktu lama untuk menenangkan diri. Biasanya juga, karena badan segar, Anda akan merasakan sulit untuk kantuk.

Maka disarankan, ganti olahraga berat dengan relaksasi yang menenangkan. Seperti yoga, baca buku, mandi air hangat, atau mendengarkan musik. Atau bisa menggantikan olahraga berat dengan aktivitas seksual, karena cenderung lebih membuat kantuk.

5. Mambatasi Tidur Siang
Bisa diakui, bahwa tidur siang menjadi salah satu sebab yang membuat sulit tidur di malam harinya. Karena itu, batasilah waktu tidur siang Anda. Direkomendasikan tidur siang tidak lebih dari 25 menit.

Jika terasa kantuk, cara menghindarinya bisa mengaligkan perhatian Anda pada hal-hal lain, seperti bersepeda, jalan kaki, baca buku, atau mengobrol.

6. Bikin Jadwal Tidur Tetap
Bikinlah jadwal tidur malam yang tetap. Karena dengan rutin tidur di jam yang sama, bermanfaat untuk membantu otak dan tubuh menciptakan 'body alarm'. Meski hal tersebut dilakukan di akhir pekan.

7. Ciptakan Tempat Tidur Senyaman Mungkin
Mendapatkan tidur berkualitas juga tergantung dengan tempat tidur Anda. Maka dari itu, ciptakanlah tempat tidur senyaman mungkin agar kualitas tidur Anda tidak terganggu. Gunakan pencahayaan yang redup agar tubuh dapat beristirahat sepenuhnya. 

SHARE