7 Cemilan khas Cina yang Wajib Dicoba - Male Indonesia
7 Cemilan khas Cina yang Wajib Dicoba
MALE ID | Relax

Makanan jalanan di Cina ini perlu Anda coba saat berlibur ke negara tirai bambu ini. Memang rasanya kurang afdol jika jalan-jalan hanya sekadar menikmati pemandangannya saja. Perlu juga menyusuri daerah-daerah padat dengan jajanannya yang murah.

Makanan jalanan di Cina ini juga terkenal karena murahnya. Bagi Anda seorang backpaker, tentu tidak akan melepaskan kesempatan untuk mencicipi dan medatangi tempat di mana makanan jalanan di Cina ini berada.

1. Dumplings – Jiaozi

makanan jalanan di cina pixabay.com

Makanan berbentuk bulan sabit ini dijual di mana-mana di seluruh negeri. Anda bisa menemukannya di stasiun kereta api atau warung-warung di pinggir jalan di alun-alun publik yang ramai. Makanan ini dimakan menggunakan sumpit, dan dicelupkan ke saus kedelai atau cabe. Saat berada di mulut dan digigit, adonan tipis ini akan terasa dagingnya yang lebut dengan campuran sayuran yang lezat. (Biasanya daging dalam makanan ini adalah daging babi dan sayurannya adalah kubis).

Banyak hotel akan menawarkan segala macam makanan seperti ini dengan sajian yang berbeda untuk para wisatawan. Tetapi Anda akan mendapatkan makanan ini dengan sentuhan tradisional jika anda berada di sebuah homestay. Secara tradisional, sebuah keluarga akan menyajikan jiaozi untuk sebuah perayaan, salah satunya untuk festival musim semi.

2. Xi’an Pancake – Xian Bing

makanan jalanan di cina Popo le Chien/wikimedia

Makanan ini termasuk ke dalam jenis makanan ringan, teksturnya yang kering namun tetap lezat. makanan ringan Cina-Islam ini berasal dari Kota Eponymous di Cina Tengah.

Makan ini berbahan daging yang dipipihkan di antara dua adonan tipis, disertai dengan beberapa kubis dan bintik-bintik jahe segar, bawang potong dan percikan shaoxing beras anggur dan minyak cabai.

Salah satu tempat terbaik untuk mengambil bing xian adalah dari salah satu warung kecil di kuartal Muslim dari Xi'an, komunitas Muslim, sebelah barat dari Bell Tower.

3.  Beijing Pancake – Jianbing

makanan jalanan di cina Gary Stevens/flickr.com

Cemilan satu ini sudah ada sejak 2000 tahun lalu, dan masih populer hingga kini di Ibukota. Makanan ini juga selalu di tunggu oleh warga setempat, atau mungkin para pecinta kuliner Cina.

4. Steamed Buns – Baozi

makanan jalanan di cina publicdomainpictures.net
 

Jika Anda melihat penduduk setempat dan wisatawan mengerumuni sebuah uap di pagi hari, berarti Anda telah menemukan kios bakpao.

Bakpao menjadi sarapan pilihan yang populer di Cina. Di sana, bakpao disajikan di keranjang kapal bambu, tetapi Anda hanya perlu satu atau dua untuk menjaga rasa lapar Anda.

Dibuat menggunakan adonan tebal, ia memiliki konsistensi lembut namun lebih berat dari jiaozi.

5. Candied Fruit on A Stick – Tánghúlu

makanan jalanan di cina pxhere.com

Jika Anda membutuhkan sesuatu yang manis setelah makan malam, pergilah ke luar dan beli tanghulu. Tangulu adalah buah yang ditusuk (ada anggur, stroberi, dan buah hawthorns) yang disiram sirup manis yang mengkristal dan mengeras.

Manisan ini pertama kali diciptakan lebih dari 800 tahun lalu, tetapi masih dipercaya untuk membantu masalah pencernaan.

6. Thick Rice Balls – Cífàntuán

makanan jalanan di cina pixabay.com

Makanan ini biasanya disajikan dengan susu kedelai. Cífàntuán dimakan saat sarapan dan populer di Shanghai , Hong Kong, dan Taiwan. Cífàntuán terdapat dua rasa, yaitu manis dan gurih.

Kios-kios di belakang Plaza 66 di Shanghai adalah tempat yang baik untuk mencicipi pertama kali. Tetapi Anda bisa mencari di tempat lain sesuai selera.

7. Fried Rice – Chao Fàn

makanan jalanan di cina stu_spivack/wikimedia

Dari timur ke barat, chao fàn adalah salah satu hidangan Cina yang paling terkenal. Makanan ini sejenis nasi goreng. Karena populer di seluruh negeri. Jadi Anda tidak perlu mencarinya susah-susah, di setiap sudut kota pasti ada. **

SHARE