Eloknya Golden Sunrise di Atas Awan Gunung Prau - Male Indonesia
Eloknya Golden Sunrise di Atas Awan Gunung Prau
MALE ID | Relax

Gunung Prau merupakan puncak tertinggi di Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Lokasinya sendiri berada di tapal batas tiga kabupaten yang meliputi Kabupaten Batang, Kendal, dan Wonosobo.

FOTO: Muhammad Rinandar/wikipedia

Para pelancong ke sini biasanya untuk memburu golden sunrise yang selalu disuguhkan di tengah dinginnya udara Gunung Prau. Karena memang salah satu daya tarik daya Gunung Prau sendiri adalah Golden Sunrise. Panorama indah itu tersaji ketika melihat puncak Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu, dan Slamet di antara lautan awan. 

Golden sunrise Gunung Prau ini merupakan sunrise terbaik di Asia. Keeolakannya itu juga yang mampu membius setiap pendaki. Apalagi saat itu, awan sedang tebal, sehingga serasa berada di negeri atas awan. 

Ditambah lagi, hamparan tanah Dieg yang hijau, perbukitan yang meliuk-liku, pedesaan yang tampak kecil seperti miniatur, dan bahkan, pemandangan Telaga Warna dari kejauhan. Pokoknya, tidak akan pernah kehabisan stok foto untuk diunggah ke jejaring sosial jika berfoto dengan latar pemandangan Gunung Prau.

Bahkan, saat musim kemarau tiba, di Gunung Prau mengalami suhu udara pada titik terendah. Tidak jarang para pendaki menemukan butiran es di daun dan tanah pada pagi hari.

FOTO: Elsprim/wikipedia

Medan Pendakian Gunung Prau
Untuk pendaki pemula, gunung dengan ketinggian 2.565 Mdpl ini menjadi salah satu yang terfavorit. Pendaki hanya memerlukan 4-5 jam melalui Dieng ataupun Patak Banteng. Jalur pendakian via Dieng cenderung lebih santai dibandingkan lewat Patak Banteng yang cukup terjal, hanya saja waktu tempuh lewat Tapak Banteng relatif lebih singkat.

Jalur pendakian yang indah dan tidak membosankan menjadi alasan mengapa Gunung Prau menjadi gunung paling favorit untuk menikmati liburan singkat. Pendaki bakalan melewati perkebunan warga yang memanjakan kelima indera selama perjalanan.

Semakin tinggi pendakian, pemandangan akan berganti dengan tampilan kawasan hutan yang dikeliling pohon-pohon pinus. Sementara jika sudah sampai puncak, pelancong akan menemukan area landai yang seringkali dijadikan tempat pendirian pendaki yang datang ke Gunung Prau. Nah, dari atas sini pula akan melihat pemadangan yang akan membayar lunas rasa lelah karena perjalanan selama pendakian.

Kendati seperti itu, Anda harus menentukan waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk melakukan pendakian Gunung Prau adalah di saat musim Kemarau. Selain itu, akan jauh lebih mudah mencari lokasi strategis untuk tempat camping jika kondisi tanah sedang bersahabat. 

Pendakian ke puncak Gunung Prau juga tidaklah lama. Jika melalui jalur yang berada di kabupaten Kendal, Anda akan membutuhkan waktu paling lama 6 jam untuk bisa sampai di puncak. Sedangkan jika melewati jalur Patak, hanya perlu waktu yang relatif singkat, hanya membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga jam saja. ** (SS)

SHARE