Hilangkan Rasa Malu yang Tinggi dengan Cara Ini - Male Indonesia
Hilangkan Rasa Malu yang Tinggi dengan Cara Ini
MALE ID | Relationships

Rasa malu datang dalam berbagai bentuk. Rasa malu bisa berada dalam kejadian sehari-hari. Baik itu dalam percakapan dengan pasangan, asmara ditolak, dipermalukan teman-teman, rapat kerja. Bahkan berada di gym. 

rasa-malu-tinggi-male-indonesia

Keyakinan bahwa adanya rasa tidak layak menjadi dasar berbagai situasi yang memenuhi rasa malu. Britt Frank, LSCW, SEP, seorang terapis dari Universitas Kansas menyebutkan bahwa rasa malu sendiri merupakan perasaan yang menyebar tentang kesalahan, dan jika orang tahu, mereka akan mengejek atau menolaknya. 

Bahkan, ketika rasa malu muncul berlebihan, bisa memicu keadaan fisiologi kelangsungan hidup yang memacu stres. Untuk itu, tidak sedikit, khususnya pria yang membuat "persona" untuk menutupi rasa malu. Lalu apa yang bisa Anda perbuat ketika ingin miliki rasa malu tinggi?

Temukan Orang yang Empatik
Hal pertama yang dan paling utama ketika Anda memiliki rasa malu tinggi adalah menemukan orang yang empatik terhadap Anda. Karena ketika orang terkunci dengan rasa malu, bagian subkortikal otak cenderung mengambil alih, dan logika serta alasan menjadi sulit untuk diakses.

Artinya, bagian otak yang terluka (karena rasa malu) tidak berpikir rasional. Itulah sebabnya untuk menyembuhkan dari rasa malu, sangat penting untuk terhubung dalam hubungan dengan orang-orang yang memiliki kapasitas untuk memberikan empati.

Buat Kolase di Kamar
Kolase di sini bukan foto Anda yang dipajang. Tetapi Anda bisa mengumpulkan beberapa majalah, dan memotong gambar yang mewakili bagian dari rasa malu Anda. Potongan-potongan gambar itu Anda buat kolase dan rekatkan pada papan besar. Kemudian gantung di dalam kamar Anda.

Pasalnya, kolase ini bekerja dengan baik, karena akal bawah sadar Anda terutama berurusan dengan gambar, bukan kata-kata. Cukup memerhatikan kolase setiap hari sebelum Anda beraktivitas.

Gunakan Ucapan-Diri yang Penuh Kasih
Ucapan diri ini adalah Anda menyemangati diri sendiri, misalnya "Saya membuat kesalahan, tetapi saya masih orang baik" atau Anda juga bisa berkata "Saya memang gagal mendapatkannya, tetapi saya masih layak menerima asmara dan penerimaan, dan saya dapat membuat perubahan yang dapat membantu pilihan lebih baik lagi".

Kemudian, untuk membantu Anda menentukan keyakinan yang membatasi, carilah pola kesulitan dalam hidup Anda. Misalnya, jika Anda memiliki pasangan yang mengkhianati Anda, Anda bisa membatasi diri dengan berkata "Saya tidak pantas menjalin hubungan dengan orang yang memiliki hobi berselingkuh". 

Kemudian semangati diri Anda dengan berkata dengan diri sendiri. "Hidup saya penuh dengan wanita yang mencinta dan menghormati saya dan berperilaku hormat dalam sebuah hubungan".

Gunakan Panca Indra Anda
Mengalami sensasi dapat merangsang sistem saraf parasimpatik, yang bertanggung jawab untuk menghasilkan ketenangan dan rasa kesejahteraan secara keseluruhan. Misalnya, mencium minyak esensial, mendengarkan musik dan berjalan-jalan di alam, dan lain sebagainya.

Memaafkan Diri Anda Sendiri 
Pengampunan diri adalah berbicara kepada diri sendiri dengan kebaikan dan mempraktekkan penerimaan diri. Yang berarti menerima diri sendiri persis seperti diri Anda, dan cukup mencintai diri sendiri untuk terus bertumbuh dan berkembang. ** (SS)

SHARE