Menghadapi Atasan, Hindari Kalimat Ini! - Male Indonesia
Menghadapi Atasan, Hindari Kalimat Ini!
MALE ID | Works

Dalam dunia kerja, anda akan disibukkan oleh berbagai macam hal mulai dari melaksanakan kewajiban anda sebagai karyawan perusahaan, orientasi pada target yang hendak dicapai termasuk bagaimana menghadapi atasan. Segala bentuk komunikasi yang baik sangat diperlukan demi menjalin keharmonisan hubungan antara anda dan rekan kerja maupun atasan. Banyak dari kita belum menyadari bahwa hal tersebut menjadi faktor penting dalam memengaruhi kenyamanan dan kelangsungan karir seseorang di suatu perusahaan.

menghadapi atasan - male Indonesiapexels.com

Bagi anda yang baru pertama kali bekerja maupun sudah berstatus sebagai senior di bidang tertentu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghadapi atasan atau bos anda. Sebagian orang kerap mengabaikan hal ini sehingga mengakibatkan karir mereka stuck, terkena penurunan jabatan/demosi dan lebih parahnya dirumahkan. Oleh karena itu, hindarilah kalimat atau kata-kata berikut saat menghadapi atasan sebelum semuanya terlambat.

Saya Tidak Tahu
Anda memang bukanlah seorang master di segala bidang. Meskipun, hal itu berkaitan dengan pekerjaan sekalipun. Tetapi, seorang atasan seringkali menanyakan sesuatu yang belum tentu diketahui oleh anak buahnya. Berpikirlah dua kali sebelum mengucapkan “saya tidak tahu”. Anda bisa mengganti kalimat itu dengan “akan saya coba cari tahu” kepada atasan anda. Jawaban tersebut menunjukkan keseriusan anda dalam menghadapi sesuatu dan membuat atasan respek dengan anda.

Itu Bukan Tugas Saya
Setiap karyawan memiliki tugasnya masing-masing, dan telah diatur dalam bentuk tertulis di kontrak kerja. Meski begitu, seorang atasan bisa saja menyuruh anda melakukan tugas diluar jobdesc dengan maksud menguji sejauh mana kemampuan anda. Jika anda sanggup melaksanakan perintah atasan, tentu akan menjadi nilai plus bagi diri anda sendiri.

Saya Tidak Bisa
Saat atasan meminta bantuan anda menyelesaikan sesuatu, berusahalah untuk tidak menolak, meski untuk urusan pribadi. Selama permintaan tersebut logis dan tidak mencelakakan anda, tak ada salahnya membantu atasan anda.

Bukan Salah Saya
Jika anda melakukan kesalahan saat bekerja, cobalah untuk berani bertanggung jawab. Sikap lepas tangan dan menyalahkan orang lain membuat kualitas anda dipertanyakan oleh atasan.

Saya akan resign kalau gaji saya tidak naik bulan depan
Seorang atasan yang baik selalu memerhatikan anak buahnya. Begitu pula dengan hak-haknya. Oleh karena itu, sebelum membicarakan masalah kenaikan gaji, ada baiknya anda renungkan kembali kontribusi apa yang sudah anda perbuat bagi perusahaan. Jika memang anda merasa pantas naik gaji, diskusikan baik-baik dengan atasan anda.**GP

SHARE