Gadget Punya Peran Besar Merusak Hubungan Anda | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Gadget Punya Peran Besar Merusak Hubungan Anda
Gading Perkasa | Relationships

Kemajuan teknologi membuat komunikasi menjadi lebih lancar, sehingga setiap orang sibuk memakai gadget mereka masing-masing. Ketika berada di kantor, hangout bersama teman, hingga berkencan. Semuanya selalu diselingi dengan kegiatan mengecek notifikasi di perangkat pintar.

sibuk memakai gadget - Male IndonesiaFidlerJan/Wikimedia

Sayang seribu sayang, jika kita terlalu sibuk memakai gadget, terlebih saat berkencan, maka risiko pertengkaran bisa meningkat. Setidaknya itu ditemukan dari hasil penelitian.

Sebuah perusahaan pembuat piranti lunak anti-virus, Kaspersky Lab melakukan sebuah riset terkait kebiasaan seseorang yang sibuk memakai gadget dalam berkencan. Mereka mengambil sebanyak 18.000 responden dari 18 negara di seluruh dunia yang telah menjalin hubungan asmara di atas enam bulan. Hasilnya, 50% peserta riset menggunakan perangkat digital selama percakapan di atas meja makan atau bertatap muka.

Sementara, 60% pasangan yang tinggal bersama acapkali berdebat karena terlalu sering menghabiskan waktunya untuk gadget. Bahkan 49% peserta riset yang menjalin hubungan tanpa tinggal satu atap bersama pasangannya juga mengalami pertikaian gara-gara gadget.

Temuan ini menunjukkan, bahwa orang tidak senang bila dirinya diabaikan dan ingin mendapat perhatian dari pasangan mereka, apalagi saat sedang berdua. “Perangkat digital yang membantu pasangan menjaga hubungan mereka sewaktu berpisah juga bisa memicu perdebatan jika digunakan secara tidak bertanggung jawab,” ujar Dmitry Aleshin selaku Vice President of Product Marketing di Kaspersky Lab.

Hasil riset juga menemukan, sebanyak 25% konflik ditimbulkan oleh malware yang menyerang perangkat salah satu pasangan. Ada pula 19% yang disebabkan pasangan kehilangan banyak uang saat judi online, seperti dilansir dari Indian Express.

Di sisi lain, delapan dari sepuluh orang mengungkapkan, mereka tetap berhubungan dengan pasangan mereka secara online ketika mereka sedang tidak bertemu. Bahkan 53% responden mengaku kalau hubungan mereka telah mengalami peningkatan semenjak menjalani aktivitas online bersama pasangan, seperti berbagi akun dan perangkat.

“Dengan membuat upaya sadar untuk menjaga kehidupan digital mereka, termasuk perangkat, akun dan aktivitas online, serta tidak mengabaikan pasangan di dunia nyata, orang dapat menikmati beragam manfaat yang ditawarkan oleh dunia digital. Kondisi itu tak perlu sampai mengganggu hal lain di hidup mereka,” tutur Dmitry.

Agar MALEnials terhindar dari risiko yang telah disebutkan, rasanya Anda harus mulai mengambil langkah bijak dalam menggunakan gadget. [GP]

SHARE