Wow! Memori Baru Akan Memuseumkan RAM dan ROM - Male Indonesia
Wow! Memori Baru Akan Memuseumkan RAM dan ROM
MALE ID | Digital Life

Memori RAM dan ROM akan dimuseumkan. Padahal dalam sebuah perangkat baik itu smartphone atau komputer memori ini sangat begitu dibutuhkan untuk menjalankan sembuah perangkat lunak.

RAM dan ROM  - Male Indonesiapixabay.com

Memori RAM dan ROM memiliki fungsi masing-masing. Jika ROM memastikan perangkat komputer dan smartphone untuk mengetahui cara boot. Simplenya, fungsi ROM (Read Only Memory) adalah memori atau ruang penyimpanan pada sebuah perangkat untuk menyimpan system informasi, data-data dan program lainnya dari sebuah operating system (OS). 

Seperti pada namanya saja Read Only, memori ini hanya bisa di baca namun tidak bisa diakses seperti diisi dan di tulisi data. Untuk bisa mengaksesnya, memerlukan perlakuan khusus. Biasanya yang mengisi data-data ROM ini adalah dari pabrik produsen perangkat tersebut.

Sedangkan RAM adalah (Random Acces Memory) adalah memori atau ruang penyimpanan data-data pada sebuah perangkat yang data-datanya disimpan diluar sistemnya. Karena data-data tersebut tersimpat diluar system, maka data-data tersebut dapat diakses secara leluasa oleh penggunanya.

Kapasitas besar kecilnya RAM ini sangat berpengaruh terhadap kecepatan sebuah perangkat atau dengan kata lain speed of system, semakin banyak data yang dibaca dan disimpan oleh RAM maka ruang gerak ram akan semakin berkurang. 

Tetapi itu masa lalu. Sekarang jenis ketiga dari memori komputer ada yang baru dan itu mampu melakukan semuanya sendiri, tanpa dipisahkan. Memori ini adalah karya para ilmuwan dari Universitas Fudan Shanghai, mereka menerbitkan sebuah studi tentang teknologi baru dalam jurnal Nature Nanotechnology.

Mengapa repot-repot menciptakan jenis memori baru? Tentu dari setiap ciptaan manusia ada saja yang masih memiliki kekurangan atau belum sempurna, dalam hal ini adalah RAM dan ROM. Para peneliti Cina mengatakan jenis memori komputer baru mereka bukan hanya yang terbaik di dunia, tetapi juga peningkatan pada pasangan memori terdahulunya itu (RAM dan ROM). 

"Orang-orang di masa depan dapat menerima disk di mana data hanya efektif untuk, katakanlah, tiga hari, yang meningkatkan keamanan informasi," kata pemimpin peneliti Zhang Wei kepada China Daily.

“Orang-orang juga dapat memiliki flash drive yang dibuat khusus dengan teknologi penyimpanan baru. Data yang disimpan di dalam akan dikosongkan secara teratur pada waktu yang ditentukan," tambah Zhang Wei.

Fitur tambahan ini mungkin membuat penyimpanan komputer jenis baru mereka menjadi pesaing yang kuat di pasar terhadap RAM dan ROM, tetapi para peneliti tidak berkomentar tentang kapan hal  itu mungkin terjadi.  Sampai saat ini, RAM dan ROM akan terus berkuasa sebagai pasangan dunia komputasi yang tak terpisahkan. Dan semua orang harus mentoleransi ketidakmampuan dari keduanya sampai sesuatu yang lebih baik akan datang ini. ** (SS)

SHARE