Hasil Riset: Mahir Bermain Gitar, Jodoh Lancar! - Male Indonesia
Hasil Riset: Mahir Bermain Gitar, Jodoh Lancar!
Gading Perkasa | Relationships

Anda tergolong pria yang mahir bermain gitar? Beruntunglah, sebab keahlian Anda bisa membantu menemukan jodoh lebih cepat. Kok bisa?

mahir bermain gitar - male IndonesiaPhoto by Toa Heftiba on Unsplash

Dipercaya atau tidak, setiap wanita memiliki kriteria pria idaman di dalam benak mereka masing-masing. Mulai dari berpenampilan menarik, cakap berkomunikasi, pandai bergaul hingga mahir bermain gitar. Hal yang terakhir disebutkan tergolong paling atraktif di mata wanita.

Sebuah riset yang dilakukan Psychology of Music mengungkap, wanita cenderung lebih mudah memberikan nomor teleponnya kepada pria dengan tas gitar. Unggul jauh dibandingkan mereka yang membawa tas gym.

Dalam riset ini dipilih seorang pria. Peneliti mengamati pergerakannya selama mendekati 300 wanita yang murni tidak pernah ia kenal sebelumnya. Pola pendekatan sang pria dibagi menjadi tiga langkah. Pertama, tidak membawa apa pun di tangan, kedua membawa tas olahraga, dan terakhir menenteng koper gitar.

Usai mengenalkan diri kepada seluruh wanita, ia meminta nomor teleponnya. Dari 300 wanita, ada 14% (42 wanita) yang memberikan nomornya ketika pria itu tak membawa sesuatu di tangannya. 9% (27 wanita) memberikannya saat ia bergaya dengan tas olahraga. Waktu ia memegang tas gitar, ada 30% (90 wanita) yang memberikan nomor telepon.

Hasil tersebut menimbulkan pertanyaan besar. Mengapa wanita memilih pria ‘bergitar’ ketimbang tas olahraga? Disinyalir, wanita kerap menghubungkan kemahiran bermusik dengan gen dan kecerdasan yang baik. Para musisi juga dipandang keren di mata mereka.

Menurut Nicolas Gueguen, penulis di South Brittany University, Prancis, musik dapat menginduksi efek positif. “Efek positif ini meningkatkan penerimaan terhadap permintaan berkencan,” tutur Nicolas.

Akibatnya, setiap orang menyukai musik karena mendatangkan kebahagiaan dan ‘menyerah’ jika disodorkan hal-hal berbau romantis. Para peneliti juga menyimpulkan, bahwa wanita cenderung lebih tertarik kepada pria yang mahir bermain gitar atau membawa alat musik.

Kesimpulan itu telah diperkuat dengan hasil penelitian lain yang diterbitkan dalam Letter on Evolutionary Behavioral Science. Dimana para peneliti mengirim permintaan pertemanan Facebook pada 100 wanita yang semuanya masih berstatus single.

Bersama permintaan pertemanan tersebut, dikirimkan sebuah pesan yang berbunyi “Apa kabar? Saya suka foto kamu.” Pada beberapa kasus, gambar profil pengirim menggunakan gitar. Hasilnya, 28% wanita membalas pesan. Ketika tak ada gitar di foto profil, hanya 10% wanita yang merespon.

Sudah terbukti, bahwa pria yang mahir bermain gitar atau alat musik lain lebih mudah mendapatkan wanita pujaan. Makanya, ambil waktu luang dan berlatihlah kalau mau enteng jodoh!**GP

SHARE