Wakanda Versi Nyata, Tempat Syuting Black Panther - Male Indonesia
Wakanda Versi Nyata, Tempat Syuting Black Panther
MALE ID | Relax

Keindahan lokasi syuting flm Black Panther begitu eksotis. Eksotisme alam yang diperlihatkan begitu dahsyat. Namun apakah Anda tahu jika itu bukanlah efek film? Tetapi asli ada di dunia nyata dan Anda bisa mengunjunginya sebagai daftar wisata Anda.

Bagi Anda pemburu keindahan alam, lokasi syuting film Black Panther menjadi spot yang baik. Selain itu, tidak hanya untuk memanjakan mata, salah satu spot syuting film Marvel ini memiliki spot bagi Anda yang ingin memacu Andrenalin Anda.

1. Uganda

Pegunungan Rwenzori/FOTO: Jorn Eriksson/flickr

Rumah produksi Marzano Film mengonfirmasi bahwa ada beberapa adegan film Black Panther yang diambil di sejumlah kawasan benua Afrika, tepatnya di Afrika Selatan, Zambia, dan Uganda.

Di Uganda, Anda bisa melihat bagaimana Pegunungan Rwenzori dan Taman Nasional Bwindi Impenetrable akan menginspirasi Anda untuk datang ke Afrika dan Menjelajahi negara Uganda. Dan Anda perlu tahu, jika Uganda adalah negara yang masih asri karena jarang diukunjungi wisatawan.

Para pembuat film Black Panther menjadikan panorama Rwenzori sebagai inspirasi lokasi syuting film Black Panther untuk pemukiman suku Jabari. Hutan Bwindi Impenetrable dikenal sebagai habitat paling tua di Afrika yang berhasil bertahan melalui zaman es terakhir.

Hutan lebat di puncak pegunungan ini merupakan habitat asli bagi sekitar 400 gorila gunung yang terancam punah. Meskipun tergolong mahal, Anda disarankan untuk mengikuti aktivitas pendakian berpemandu selama tiga hari agar bisa memperoleh pengalaman sekali seumur hidup untuk mengamati gorila langka ini secara langsung.

2. Afrika Selatan

Tarian Suku Zulu/FOTO: Hein waschefort/wikipedia

Film ini sarat akan budaya Afrika. Keragaman budaya dari setiap tokohnya hampir semua adalah budaya Afrika itu sendiri. Itu jugalah yang menjadi inspirasi dalam film ini. Di Afrika, masih banyak desa budaya yang dibuka untuk umum dan Anda bisa merasakan pengalaman itu sendiri dikehidupan nyata bersama suku asli di sana, salah satunya adalah Suku Zulu.

Anda bisa menemui suku Zulu ini di Shankaland dan Desa Simunye Zulu di KwaZulu-Natal. Pelajari tradisi suku, kehidupan sehari-hari serta mencicipi hidangan tradisional sambil menikmati tarian suku lokal yang anggun. Jika Anda masih memiliki waktu lebih, Anda bisa menghabiskan malam di salah satu pondok tradisional desa ini. 

Desa budaya Basotho juga merupakan desa terkenal lainnya yang terletak di bagian timur Taman Nasional Golden Gate Highlands. Di sini juga Anda bisa mempelajari lebih dalam tentang tradisi dan gaya hidup masyarakat Sotho dari abad ke-16.

3. Zambia

Jembatan Air Terjun Victoria, Zambezi/FOTO: Ninaras/wikipedia

Seperti pada poin pertama, ada nama Zambia yang menjadi salahs atu lokasi syuting film Black Panther, dan itu masih dalam kawasan Afrika. Zambia adalah salah satu dari pemandangan luas daratan Afrika yang liar. Di sini ada tiga sungai yang menakjubkan, kafua, Luangwa, dan Zambesi. 

Saat Anda ingin pergi berwisata di negara ini, Anda harus menghadapi berbagai tantangan seperti infrastruktur jalan yang rusak, sistem transportasi yang buruk dan biaya tak sedikit untuk berbagai aktivitas tur. Meskipun begitu, keindahan alam negara Zambia tentunya akan "membayar" dari semua tantangan tersebut.

Para pecinta alam dan kehidupan satwa liar wajib mengunjungi Taman Nasional Kafue. Anda bisa menaiki perahu sepanjang anak sungai Kafue untuk melihat kuda nil dan buaya atau mengikuti perjalanan safari ala Serengeti di Busanga Plains untuk mengamati kawanan zebra dan singa. 

Selain itu, agar bisa menjelajahi dan memperoleh pengalaman di berbagai jenis habitat, Anda sebaiknya menghabiskan paling tidak dua hari di sini. Karena, bagi Anda yang mencari tantangan dan menguji adrenalin Anda, bisa mencoba aktivitas bungee jumping dari atas jembatan Air Terjun Victoria menuju Sungai Zambezi.

4. Air Terjun Iguazu, Argentina

Air Terjun Iguazu, Argentina/FOTO: File Upload Bot (Magnus Manske)/Wikipedia

Air terjun sensasional Wakanda ternyata benar-benar nyata. Namun, Anda harus menempuh perjalanan perbatasan Argentina dan Brasil untuk melihatnya, tepatnya di Air Terjun Iguazu. Di sekitarnya, pemandangan hijau berupa hutan hujan tropis masih terjaga dengan baik.

UNESCO menetapkan Air Terjun Iguazu sebagai salah satu World Heritage List. Keajaiban alam di Iguazu menjadi rumah bagi kurang lebih 2.000 spesies flora dan fauna khas Amerika Latin, seperti Jaguar, Howler Monkeys sampai Buaya Cayman.

Bagi Anda yang ingin mencoba tantangan baru, Anda bisa berjalan sepanjang boardwalk menuju tebing Devil’s Throat yang merupakan atraksi utama di Iguazu. Namun, kamu harus siap-siap basah terkena percikan air terjun yang menakjubkan ini. Kalau tidak mau repot berjalan, kamu bisa menaiki speedboat untuk menjelajahi air terjun ini. 

5. Busan, Korea Selatan

Pantai Gwangalli/FOTO: Flickr upload bot/wikipedia

Ingat adegan kejar-kejaran dengan mobil di film Black Panther? Menurut salah satu rumah produksi di Korea Selatan, adegan yang menggunakan sekitar 150 unit mobil itu dilakukan di Busan, Korea Selatan. Bahkan jika jeli, Anda bisa melihat marka tanah kota Busan dalam film ini, seperti Pantai Gwangalli, Jembatan Gwangan, dan Pasar Jagalchi. 

Sutradara Ryan Coogler sangat mengagumi keindahan kota Busan di mana arsitektur modern, lampu neon yang terang dan bangunan tradisional berpadu secara sempurna untuk menghasilkan pemandangan kota pesisir yang menakjubkan. Kota terbesar kedua di Korea ini merupakan destinasi wisata populer di kalangan turis dan memiliki beberapa pantai paling keren.

Pantai Gwangalli menjadi pantai yang harus Anda kungjungi di sini, karena pantai ini memiliki pasir putih, air biru jernis dan pemandangan dahsyat. Selain itu, dari Jempatan saat Anda berada di Busan, Anda  bisa menikmati beragam acara dan konser yang menarik perhatian kalangan muda setempat pada akhir pekan.

Area Gwangalli juga menawarkan beragam restoran dan kafe yang bisa Anda kunjungi saat berkeliling. Sebagai kota pelabuhan, Busan juga kaya akan makanan laut yang segar. Kunjungan ke Busan tidak akan lengkap jika tidak mendatangi Pasar Ikan Jagalchi. ** (SS)

SHARE