Menyeramkan, Lagu Hits Ini Simpan Cerita Mistis | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Menyeramkan, Lagu Hits Ini Simpan Cerita Mistis
Sopan Sopian | News

Tidak sedikit memang sebuah lagi menyimpan cerita mistis di baliknya. Sebut saja lagu "Gloomy Sunday" dari Reso Seress. Lagu yang diciptakannya pada 1933 ini berasal dari puisi karya Laszlo Javor. Konon, lagu ini memberikan cerita mistis, di mana pada era 30-40-an, sejumlah media massa melaporkan setidaknya ada 19 belas kasus bunuh diri terjadi di Hungaria dan Amerika Serikat terkait lagu "Gloomy Sunday".

cerita mistis - male IndonesiaMas Agung Wilis Yudha B/Flickr.com

Di Indonesia sendiri pun ada beberapa lagu lawas yang memiliki cerita mistis, seperti halnya lagu Lingsir Wengi dan Nina Bobo, yang konon bisa mendatangkan makhluk astral jika dinyanyikan dalam suasana hening. Tetapi tidak hanya lagu lawas seperti itu, justru lagu hits Indonesia lainnya yang dibawakan band-band ternama pun memiliki cerita mistis di belakangnya.

1. Resah, Payung Teduh

Payung Teduh memang sedang naik daun, mungkin bagi para peneduh tidak asing dengan lagu berjudul "Resah". Tetapi tidak banyak yang tahu jika lagu tersebut menyimpan cerita mistis. Lirik dari lagu-lagu yang ada dalam album kedua Payung Teduh ini menceritakan kisah seorang pendaki yang mengakhiri hidup dengan gantung diri di sebuah pohon.

Sang pendaki yang konon sedang ada masalah dengan pasangannya memutuskan untuk bunuh diri karena kandasnya hubungan mereka. Ketika dia ditemukan oleh tim evakuasi, terdapat secarik kertas yang berisikan puisi. Dan bait-bait dalam puisi itulah yang menjadi lirik lagu Resah.

2. Story of Peter, Sarasvati

Lagu Sarasvati satu ini memang sempat menjadi hits dalam belantika musik Indonesia. Sarasvati memang sudah menjadi rahasia umum jika band ini kerap menciptakan lagu-lagu yang berbau mistis, salah satunya "Story of Peter". 

Lagu tersebut tidak lepas dari cerita sang vokalis yang memang bisa melihat sekaligus berteman dengan makhluk-makhluk astral, salah satunya adalah Peter yang menjadi cerita dari lagu "Story of Peter" ini.

4. Spehia, SO7

Sheila On 7 atau SO7 adalah salah satu band legendaris di industri musik tanah air. Bagi generasi 90-an pasti ingat dengan salah satu lagu andalan mereka, “Sephia”. Namun siapa sangka di balik lagu tersebut, sang pencipta lagu sekaligus gitaris SO7, Eross mengalami cerita mistis. 

Menurut Eross ia sempat dihubungi oleh seorang wanita yang bernama Sephia, padahal ia tak tak memiliki kenalan yang bernama Sephia. Dari telepon wanita itu pun mengaku sebagai seorang fans setia dari SO7.  Sephia pun menyatakan bahwa ia menelepon dari box telepon umum yang berada tepat diseberang rumah Erros. 

Karena penasaran, Erros kemudian berlari keluar untuk mengecek. Namun anehnya tidak ada seseorang pun di depan telepon umum itu. Tetapi gagang telepon umum yang berada tepat diseberang rumah Erros itu tampak melayang-layang dengan sendirinya.

5. Selepas Kau Pergi, Laluna

Di tahun 2000-an grup band asal Bandung, La Luna juga sempat menjadi salah satu grup band yang melejit di jagad hiburan tanah air. Lagu yang berirama cukup sedih ini pun tidak lepas dari cerita mistis. Jika Anda penasaran dengan lagunya, Anda bisa mendengar bagian intro "Selepas Kau Pergi". Pada bagian tersebut ikut terekam suara alat musik gamelan di durasi sekitar 2 menit lebih 10 detik. ** (SS)

 

SHARE