Luar Biasa, VR Buka Pengalaman Baru di Dunia Maya | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Luar Biasa, VR Buka Pengalaman Baru di Dunia Maya
Gading Perkasa | Digital Life

Siapa generasi milenial sekarang yang tidak mengenal teknologi Virtual Reality? Dengan adanya sensor gyroscope di smartphone canggih sekarang ini, Anda sudah bisa mencoba pengalaman VR tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Apalagi VR cardboard banyak beredar di pasaran.

teknologi virtual reality - Male IndonesiaPhoto by Eddie Kopp on Unsplash

Sebagaimana telah diketahui bersama, teknologi Virtual Reality dapat membuat konten hiburan menjadi lebih menarik, seperti film atau game. Lantas apa jadinya kalau perangkat ini dipakai untuk keperluan lain yang sifatnya unik dan menegangkan?

Anda mungkin tidak pernah membayangkan sebelumnya, bahwa kelima hal berikut dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi Virtual Reality. Simak ulasan selengkapnya.

Merasakan Pengalaman Terbang

Para peneliti Interaction Design Program dari Zurich University merancang sebuah perangkat VR yang memungkinkan penggunanya merasakan pengalaman terbang selayaknya seekor burung. Perangkat bernama Birdly ini memakai headset Oculus beserta meja dimana pengguna akan berbaring di atasnya.

Menolong Seekor kucing

Siapa pun tentu tidak tega melihat seekor kucing terjebak dalam kesulitan. Atas dasar itulah, perusahaan teknologi sekaliber Namco Bandai menciptakan sebuah permainan VR guna menolong hewan peliharaan tersebut. Bedanya, Anda akan menghadapi kengerian, yaitu menyelamatkan kucing yang terjebak di ketinggian gedung. Mengerikan bukan?

Mengganti Gender

Jangan langsung berprasangka aneh-aneh dulu MALEnials. Sebuah perangkat VR yang diberi nama Gender Swap dapat membuat penggunanya merasakan sensasi berubah menjadi lawan jenis. Teknologi yang dikembangkan oleh BeAnotherLab bakal menghubungkan dua orang menggunakan headset VR. Gerakan keduanya lalu dipindahkan menjadi sensor yang dapat dirasakan masing-masing pihak.

Melamar Pasangan

Agak terdengar aneh memang, namun ini benar-benar terjadi di dunia teknologi. Alex Lackovic melamar pasangannya Kelly Lynn Norman di sebuah wahana Virtual Reality yang berbasis video game Zombie Outbreak. Usai merasakan ketegangan bermain game bertema zombie, tiba-tiba latar belakang permainan berubah menjadi pekarangan di sekitar rumah sang wanita.

Merasakan Kematian

Perangkat VR yang dirancang oleh Frank Kolkman dikhususkan bagi industri kesehatan. Para pasien yang menderita penyakit sedemikian parah serta memiliki kecemasan akan kematian disarankan menggunakan perangkat tersebut. Tujuan utamanya yakni supaya mengurangi kecemasan mengenai pengalaman setelah nyawa dicabut. Anda berani mencobanya?**GP

SHARE