Impian Besar Timnas Nigeria di Piala Dunia 2018 | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Impian Besar Timnas Nigeria di Piala Dunia 2018
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Timnas Nigeria menjadi negara asal benua Afrika pertama yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Berkat kemenangan tipis 1-0 atas Zambia di Uyo, pada laga kualifikasi zona Afrika, 7 Oktober 2017 lalu.

Dmitry Pukalik/wikipedia

Gol tunggal kemenangan timnas Nigeria dicetak penyerang muda yang bermain di Arsenal, Alex Iwobi di menit 73. Lewat serangan terbuka, usai Wilfred Ndidi dan Simon Moses melewatkan kesempatan emas untuk mencetak lebih banyak gol.

Kegemilangan Nigeria maju ke Piala Dunia 2018 disambut suka cita oleh para punggawa timnas dan rakyat Nigeria. Bahkan, sejumlah pemain mempunyai impian besar agar tidak sekadar menjadi tim ‘penggembira’ di perhelatan sepak bola terakbar seantero jagat tersebut.

Penyerang timnas Nigeria yang kini membela Leicester City, Ahmed Musa berambisi membawa negaranya menembus babak perempat final hingga semifinal Piala Dunia 2018. “Kami harus membuat tim meraih posisi lebih tinggi. Nigeria ingin melakukan pencapaian lebih baik dari tiga kali lolos babak penyisihan grup. Mencapai perempat final dan semifinal, mengapa tidak?” ujarnya kepada FIFA.

Pemain berusia 25 tahun yang mampu bermain sebagai sayap maupun penyerang ini berpeluang tampil kedua kalinya karena berjasa membawa Nigeria maju ke babak kedua Piala Dunia 2014 di Brasil. “Saya berharap terpilih kembali. Piala Dunia sangat penting buat setiap pemain,” kata Ahmed. 

Ahmed ingin tetap dilirik oleh manajer Nigeria, Stephen Keshi, usai bemain di Liga Primer Inggris bersama Leicester sejak 2016 silam. Sebelumnya, ia membela klub asal Rusia, CSKA Moskow selama empat musim. “Kami gembira bisa berangkat ke Rusia. Berada di grup berat bersama Aljazair, Kamerun dan Zambia selama kualifikasi memang tidak mudah. Tapi, kami puas bisa mencapai target utama,” tuturnya.

Di Brasil, empat tahun yang lalu, Musa mencetak sebuah gol indah melawan Argentina, meski tim Elang Super dipaksa menyerah 2-3. Juni 2018 mendatang, mereka akan kembali bertemu Argentina di Grup D, ditambah dengan Kroasia dan Islandia.

Sementara itu, mantan pemain timnas Nigeria, Femi Opabunmi berharap semangat para pemain terus terpacu menjelang Piala Dunia 2018 di Rusia. “Kami punya skuat muda dan kadang ini bukan soal pengalaman. Melainkan teknik dan kekuatan yang membawa kami menuju kesuksesan,” ucap Femi mengenai peluang mereka di Piala Dunia 2018.

Mereka akan mencatatkan penampilan keenamnya di Piala Dunia. Prestasi terbaik diraih di tahun 1994, 1998 dan 2014 (babak 16 besar), namun tersingkir di penyisihan grup 2002 dan 2010. Mampukah The Super Eagles mewujudkan ambisi tersebut? Semoga saja begitu.**GP

SHARE