Ini yang Terjadi Saat Anda Mengkonsumsi Kopi | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Ini yang Terjadi Saat Anda Mengkonsumsi Kopi
Gading Perkasa | Sex & Health

Bagi sebagian besar orang, minum secangkir kopi bukan sekadar menghirup zat hitam pekat semata. Kopi menjadi hal yang mustahil dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, terutama kaum adam.

minum secangkir kopi - male IndonesiaPhoto by Sung Wang on Unsplash

Entah ketika kita mulai terbangun dari tidur di pagi hari, makan siang bersama teman, mitra bisnis bahkan pasangan terkasih sekalipun, minum secangkir kopi senantiasa menjadi ide paling baik dan sanggup memberikan semangat berlebih sebelum menjalani atau melanjutkan aktivitas. Rasanya, ada sesuatu yang hilang jika belum menyeruput kopi.

Seperti kita ketahui bersama, sudah banyak penelitian yang menyebutkan manfaat kopi bagi kesehatan. Dari menghilangkan rasa kantuk, meningkatkan fokus, menyehatkan jantung, mengurangi stres, membuat tubuh menjadi rileks dan masih banyak lagi,

Kendati demikian, pernahkah Anda bertanya, apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh Anda ketika minum secangkir kopi? Usut punya usut, dampaknya bagi tubuh agak mengejutkan. Berikut adalah beberapa fakta terkait minum kopi, seperti dilansir dari Brightside.

Sepuluh Menit Pertama
Sepuluh menit pertama usai minum kopi, kafein akan memasuki sistem pembuluh darah. Itu membuat detak jantung dan tekanan darah mulai meningkat secara perlahan.

20 Menit Kemudian
Setelah 20 menit waktu berjalan, Anda akan merasa lebih waspada dan fokus. Sehingga, Anda jauh lebih mudah dalam mengambil keputusan dan mengatasi masalah. Sebagai informasi, kafein membantu Anda mengurangi rasa lelah dengan menghubungkan reseptor adenosin otak.

Setelah 30 Menit
Setengah jam berlalu, tubuh Anda mulai memproduksi adrenalin dalam jumlah lebih banyak ketimbang biasanya. Hal tersebut akan meningkatkan ketajaman penglihatan, karena mata sedikit melebar.

Menginjak 40 Menit
Menginjak 40 menit, level atau tingkat serotonin di tubuh Anda semakin bertambah. Hasilnya, fungsi motorik dari neuron turut bertambah dan pada akhirnya kekuatan otot mengalami peningkatan.

Empat Jam Berlalu
Empat jam sehabis minum secangkir kopi, jumlah energi yang dikeluarkan oleh sel tubuh Anda turut meningkat drastis. Ketika ini terjadi, tubuh mulai menghancurkan lemak, meski Anda tidak melakukan aktivitas apa pun. Kafein juga mulai menstimulasi dan meningkatkan produksi asam perut.

Usai Enam Jam
Efek samping kopi muncul usai enam jam sejak Anda meminumnya. Kafein di dalam kopi menyebabkan efek diuretik. Bukan cuma kehilangan air, tubuh pun mulai kekurangan vitamin dan mineral. Alhasil, akan memicu sedikit gangguan pada metabolisme kalsium.**GP

SHARE