Eksperimen Fitur Baru di Layanan Musik Spotify | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Eksperimen Fitur Baru di Layanan Musik Spotify
Gading Perkasa | Digital Life

Sejak beberapa tahun belakangan, berbagai layanan musik streaming makin menjamur. Hal ini membuat pihak developer atau pengembang saling berlomba memberikan yang terbaik kepada pengguna setianya.

layanan musik - Male Indonesiapexels.com

Salah satu layanan musik yang banyak digandrungi generasi milenial adalah Spotify. Jika menilik segi interface, Spotify tampak sederhana karena mengutamakan kemudahan dan kecepatan akses.

Yang menariknya lagi, kategori genre di dalamnya terbagi menjadi beberapa sub kategori dengan lebih dari 30 juta lagu. Pengguna juga dapat mengatur kualitas suara sesuai kecepatan koneksi internet perangkat, serta kemudahan dalam urusan sinkronisasi di ponsel maupun laptop.

Dan terhitung sejak pertengahan Maret 2018 lalu, Spotify mulai menguji fitur pencarian lewat suara (voice search). Fitur ini memungkinkan penggunanya bisa lebih cepat mengakses berbagai lagu, artis, album dan playlist. Terinspirasi dari penemuan car mode, fitur voice search kini sudah mulai muncul di sejumlah pengguna ponsel dengan sistem operasi iOS.

Seperti dilansir dari The Verge, fitur tersebut rupanya sangat memudahkan navigasi dalam pengoperasian layanan musik Spotify. Apalagi Spotify sendiri mempunyai banyak kanal, sehingga pengguna tidak sulit memperoleh musik yang dikehendaki.

Di samping itu, melalui voice search, pengguna dapat memerintahkan Spotify melakukan berbagai hal. Contohnya memutarkan playlist “Discover Weekly”, memainkan lagu dengan genre tertentu bahkan mencari judul lagu dan musisinya secara spesifik.

Uji coba fitur terbaru Spotify ini pertama kali ditunjukkan oleh pengguna bernama Hunter Owens. Ia mengunggah foto di akun Twitter miliknya pada Kamis, 15 Maret 2018 lalu.

Berdasarkan foto Owens, ikon voice search akan muncul secara otomatis di sisi kanan bawah interface Spotify. Ketika ditekan, pengguna dapat langsung melakukan perintah pencarian. Namun, perintah yang diberikan sementara cuma bisa menggunakan bahasa Inggris.

Dengan fitur voice search, pastinya membuat pengguna dimudahkan ketika mengakses Spotify pada beberapa kondisi. Misalnya, ingin mengganti lagu saat sedang menyetir atau sulit memegang ponsel karena barang bawaan yang cukup banyak di tangan.

Hingga detik ini, Spotify masih menyempurnakan fitur mereka sebelum benar-benar diperkenalkan secara resmi. Kita tunggu saja kapan voice search dapat dinikmati seluruh pengguna di berbagai jenis perangkat.**GP

SHARE