Bintang Benua Asia Yang Sukses di Kancah Eropa - Male Indonesia
Bintang Benua Asia Yang Sukses di Kancah Eropa
MALE ID | Sport & Hobby

Ketika berbicara mengenai pemain sepakbola, pemikiran kita akan tertuju pada sederetan nama terpopuler asal negeri-negeri di benua Eropa dibandingkan bintang benua Asia. Namun dibalik itu semua, tahukah anda bahwa benua Asia memiliki segudang pemain sepakbola berbakat yang tidak kalah dari benua biru tersebut.

Bahkan, tak sedikit dari mereka mengadu nasibnya di Liga papan atas Eropa.Seperti Italia, Rusia, Inggris, Jerman, Belanda dan negara lain. Kemampuan mereka dinilai layak untuk disejajarkan dengan para elit bintang dari tanah Eropa. Karir bintang benua Asia ini pun terbilang sukses, dan klub yang dibelanya juga menorehkan prestasi.

Berikut ini adalah nama-nama yang berhasil mengharumkan benua Asia di tanah Eropa:

Mike Havenaar (ADO Den Haag)

bintang benua asia

Hayato/wikimedia

Havenaar dilahirkan dari keluarga yang notabene berkebangsaan Belanda dan sudah menjadi warga negara Jepang sejak 1954.Striker yang mengawali karir juniornya di Consodale Sapporo U-15 ini tampil sebanyak lima kali dan menyumbang empat gol selama bulan April 2016/2017. Empat gol ini dicetak saat menghadapi Roda, Willem II, FC Groningen dan PSV Eindhoven secara beruntun.

Shinji Kagawa (Borussia Dortmund)

bintang benua asia

ja.wikipedia.org

Hampir semua pecinta sepakbola tentu mengetahui Shinji Kagawa. Bintang benua Asia ini adalah gelandang serang asal Jepang yang membela klub asal Jerman, Borussia Dortmund dan menjadi andalan di beberapa pertandingan penting. Sempat berkostum Manchester United di tahun 2012, sebelum akhirnya kembali berkostum kuning-hitam dua tahun kemudian. Sepanjang musim 2016/2017, ia tampil sebanyak 13 kali dan memberikan 6 assist.

Hiroki Sakai (Marseille)

Hiroki adalah seorang defender asal negeri Jepang yang dibeli Marseille dari Hannover 96 pada awal musim 2016/2017. Namanya langsung berada di jajaran starting eleven skuad sang pelatih Rudi Garcia. Tampil sebanyak 35 kali, ia membawa Marseille berada di posisi 5 besar Ligue 1.
Vitali Denisov (Lokomotiv Moskow)

bintang benua asia

Football.ua/wikimedia

Namanya memang masih terasa asing bagi para pecinta sepakbola, namun defender asal Uzbekistan ini memiliki kemampuan yang cukup hebat. Ia sangat piawai dalam menghadang lawan agar tidak menerobos daerah pertahanannya.

Alireza Jahanbakhsh (AZ Alkmaar)

bintang benua asia

Tasnim News Agency/wikimedia

Gelandang berbakat Iran ini bergabung dengan AZ Alkmaar pada Agustus 2016, dan sempat sulit menembus skuat utama. Seiring berjalannya waktu, sang pelatih mulai memberikan kepercayaan kepadanya. Musim 2016/2017 ia tutup dengan tampil sebanyak 26 laga dan mengemas 11 gol serta 8 assist.**GP

SHARE