Kulit Bertato Membutuhkan Perawatan Ekstra - Male Indonesia
Kulit Bertato Membutuhkan Perawatan Ekstra
MALE ID | Looks

Memiliki kulit bertato tidak boleh sembarang dalam merawat kulitnya. Karena perlu perawatan yang tidak biasa dari perawatan kulit tanpa tato. Kulit bertato membutuhkan perlindungan ekstra, apalagi untuk Anda yang memiliki tato yang secara kuantitas tergolong banyak menghiasi tubuh Anda.

kulit bertato - Male Indonesiapexels.com

Mengapa kulit bertato memiliki perawatan lebih? Sebuah studi yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology mengungkapkan bahwa tato bisa mengganggu bagaimana cara Anda berkeringat. Karena tato memungkinkan penyebab kurangnya tubuh Anda untuk mengeluarkan keringat.

"Kulit bertato itu menghasilkan keringat hanya sebanyak setengah dari kulit yang tidak bertato," kata rekan penulis studi, Mauri Luetkemeier, seperti dilansir laman India Times.

Selain dalam kadar keringat, perawatan kulit bertato juga untuk menjaga warna tato dalam tubuh Anda. Lalu seperti apa perwatan yang bisa Anda lakukan?

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung
Bagi Anda pecinta tato, hal pertama yang harus diperhatikan adalah menghindari paparan panasnya sinar matahari. Alasannya, sinar matahari dapat merusak kontur tato Anda. Sinar matahari juga dapat membuat kulit Anda menjadi kering dan kusam.

Sehingga untuk menjaga pewarnaan yang solid, Anda harus menggunakan tabir surya SPF 45 atau lebih tinggi untuk melindungi kulit Anda, aftercare. Salep aftercare merupakan salep yang dibuat atau direkomendasikan untuk menjaga dan merawat tato pada tubuh. Anda juga bisa menggunakan salep yang terbuat dari madu, karena berguna untuk melembapkan kulit bertato sekaligus menjaga kesehatan kulit secara alami. 

Selain itu, Anda juga perlu ingat untuk menjaga kelembapan tato Anda di daerah yang rawan memudar, seperti pada tangan, kaki, siku, dan lainnya. Anda perlu menerapkan losion setiap hari pada kulit yang terpapar rajahan tato.

Hindari Bahan-bahan Kimia dan Pakaian Ketat
Bagi Anda yang baru saja mentato tubuh Anda, setidaknya dalam 2 hingga 4 minggu, kulit harus sering-sering diolesi ointment atau salep khusus untuk menjaga kualitas warna sekaligus mempercepat kesembuhan luka.

Selain itu, hingga satu bulan pertama kulit yang ditato juga harus dijaga dari kontak langsung dengan bahan kimia tertentu. Misalnya saja tidak boleh kena sabun, detergen, dan kaporit di kolam renang. Dan perlu diingat lagi untuk Anda yang baru saja membuat tato, Anda harus menghindari lebih dahulu pakaian yang ketat. ** (SS)

SHARE