Liburan Seru Nikmati Air Terjun di Indonesia Timur - Male Indonesia
Liburan Seru Nikmati Air Terjun di Indonesia Timur
Gading Perkasa | Relax

Wisata air terjun di dunia begitu banyak jumlahnya. Keindahan yang ditawarkan pun berbeda-beda. Sebut saja air terjun Niagara di perbatasan Amerika dan Kanada yang kerap membeku lantaran cuaca ekstrem di sana. Atau air terjun Kaieteur di pedalaman Amazon dikelilingi hutan hujan lebat nan hijau.

Zahrasrtn/wikipedia

Itu bila kita bicara wisata air terjun di luar negeri. Sementara di Indonesia sendiri, tak sedikit pula air terjun menawan bisa Anda kunjungi. Air terjun Lapopu di Sumba, Nusa Tenggara Timur misalnya.

Air terjun Lapopu dikenal sebagai air terjun paling tinggi di tanah NTT. Sebelum mengepak koper dan bergegas, ada baiknya MALEnials mengetahui lebih dulu seperti apa eksotisme wisata air terjun di sana.

Akses Menuju Air Terjun Lapopu
Apabila Anda datang dari Waikabubak, ibu kota Kabupaten Sumba Barat, pergilah ke arah timur. Terdapat papan informasi yang dipasang oleh pihak Balai Taman Nasional Mata Lawa sebagai petunjuk arah. Selama perjalanan, Anda akan menyaksikan kegiatan warga lokal seperti bekerja di sawah atau bersantai di rumah adat mereka. Ada juga yang menggembalakan kuda, sapi serta kerbau.

Menjelang tiba di lokasi air terjun, Anda harus melewati pos penjagaan untuk membeli tiket masuk. Anda bisa meminta informasi dari petugas jaga terkait keberadaan air terjun. Petugas pun dengan senang hati menemani setiap wisatawan sampai tiba di lokasi, termasuk membantu Anda menyeberangi sungai menggunakan jembatan bambu yang dikerjakan oleh warga setempat.

Air Terjun Berundak-Undak
Air Terjun Lapopu terletak di kawasan Taman Nasional Menpeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti, Pulau Sumba. Tingginya sekitar 90 meter dan membentuk undak atau tangga sebelum sampai di kolamnya. Sangat berbeda jauh dengan air terjun kebanyakan yang langsung menurun terjal ke bawah.

Sementara itu, kedalaman kolamnya hanya sekitar dua meter. Sehingga aman untuk sekadar berenang atau bahkan menyelam. Warna air terjunnya juga indah, yakni hijau toska yang terbentuk karena mineral dan batuan kapur.

Sumber air di sini berasal dari lubang goa berukuran cukup besar. Di sekitar goa, ada hutan belantara yang menyerupai hutan Amazon. Itu membuat air terjun Lapopu memiliki pemandangan hijau nan memukau dan menyejukkan.**GP

SHARE