Menanti Kebangkitan Nokia Menguasai Dunia | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Menanti Kebangkitan Nokia Menguasai Dunia
Gading Perkasa | Digital Life

Bagi kalangan pengguna gadget di era milenial saat ini, handphone Nokia terasa asing didengar. Namun hal itu tak berlaku bagi mereka, khususnya yang pernah memiliki handphone rancangan perusahaan asal Finlandia tersebut. Nokia telah merevolusi kehidupan sehari-hari masyarakat luas di Indonesia, bahkan seluruh dunia sebelum ramainya gegap gempita iPhone yang di 2017 sudah sampai seri 8 dan X, dan tentunyanya sang rival Samsung yang juga sudah merilis smartphone unggulannya hingga seri 8.

handphone nokia

wikimedia

Nokia mulai berkonsentrasi dalam pembuatan telepon seluler dan infrastruktur jaringan tepatnya di tahun 1992. Di tahun ini pula, handphone GSM pertama buatan mereka lahir, dan diberi nama Nokia 1011. Handphone ini mampu digunakan berkomunikasi selama 90 menit, dan dapat menyimpan 99 kontak. Dua tahun berselang, lahirlah Nokia 2110. Sebuah produk yang menggunakan nada dering khas Nokia, Nokia Tune untuk pertama kalinya.

Ketika era Internet dan jaringan 3G mulai merajalela di awal tahun 2002, Nokia tak berhenti berinovasi pada produknya demi kepuasan masyarakat dengan meluncurkan Nokia 3650. Nokia 3650 menggunakan sistem operasi berbasis Symbian dan sudah mumpuni untuk merekam video. Mereka juga meluncurkan N series seperti N70 dan N90 yang dibekali kemudahan dalam mengakses internet.

Handphone Nokia pernah menempati singgasana teratas di dunia, sebelum kemunculan beberapa pesaing tangguh seperti Blackberry dan iPhone yang mulai mengusik dominasi sang raja. Situasi kian rumit ketika HTC meluncurkan sebuahsmartphone berbasis Android, dengan bermacam fitut inovatif di dalamnya. Akibatnya, pihak Nokia mulai mengalami kerugian di tahun 2009.

Dominasi iPhone dan smartphone Android seperti Samsung, Sony, HTC dan Motorola membuat handphone Nokia semakin tergerus di pasaran dan tak lagi diminati sebagian besar masyarakat. Menanggapi hal itu, Nokia bekerjasama dengan Microsoft untuk membuat smartphone berbasis Windows menggantikan sistem operasi Symbian yang selama ini digunakan. Mereka akhirnya meluncurkan Nokia Lumia 800 yang diklaim sebagai smartphone berbasis Windows pertama di dunia.

Di pertengahan 2012, Samsung resmi menggeser posisi Nokia sebagai pabrikan handphone nomor satu di dunia. Seketika itu pula pabrikan asal Finlandia yang memiliki moto “connecting people ini berangsur-angsur tenggelam.

Kini, Nokia mulai terbangun dari tidur panjangnya. Tahun 2017 menjadi awal kebangkitan Nokia dengan menggelontorkan tiga buah smartphone berbasis Android sekaligus. Ketiganya dinamai Nokia 6, Nokia 5 dan Nokia 3, dibekali sistem operasi Nougat. Akankah mereka kembali menduduki singgasana raja? Patut untuk kita nantikan, tentunya.**GP

SHARE