Timnas Perancis Berbenah Sebelum Menuju Rusia - Male Indonesia
Timnas Perancis Berbenah Sebelum Menuju Rusia
MALE ID | Sport & Hobby

Timnas Perancis belum bisa dikategorikan siap menghadapi Piala Dunia 2018. Dalam uji coba melawan Kolombia, mereka harus kalah 2-3. Walau kemudian bangkit dengan menaklukkan Rusia 3-1.

timnas perancis - Male IndonesiaRonan Caroff/Flickr.com

Dalam kedua laga itu, penampilan timnas Perancis masih terkesan ‘melempem’. Jangankan merengkuh trofi Piala Dunia, mereka bahkan dianggap oleh sebagian besar pihak belum pantas diberikan label sebagai kandidat juara.

Pasukan Didier Deschamps terlihat kurang agresif dan tidak berada dalam posisi aman. Apalagi ketika melawan sang tuan rumah Piala Dunia 2018. Hal tersebut diamini oleh gelandang timnas Perancis, Blaise Matuidi.

Menurut Matuidi, kemenangan atas Rusia membuat mereka harus berjuang lebih guna menyongsong pagelaran Piala Dunia Juni mendatang. “Kami bisa melakukannya lebih baik. Jauh lebih baik. Piala Dunia datang begitu cepat dan kami perlu bersiap,” ujar Matuidi.

Sementara sang kapten sekaligus penjaga gawang utama timnas Perancis Hugo Lloris mengaku timnya akan siap tepat waktu. “Yang paling penting, pertandingan pembukaan kami melawan Australia pada 16 Juni 2018,” tuturnya.

Lain halnya dengan pendapat mantan bek Perancis, Bixente Lizarazu. Ia memprediksi Les Blues akan melenggang hingga ke semifinal. Hal itu bukan tanpa alasan, melihat banyak pemain muda berkualitas di Perancis yang siap bertarung habis-habisan di Piala Dunia 2018.

“Perancis ada di daftar kandidat juara, bersama Jerman, Spanyol dan Brasil. Saya mengira, Perancis bisa sampai ke semifinal. Dari situ, semua bisa terjadi,” kata Lizarazu.

Meski sejumlah pemain kunci seperti Paul Pogba dinilai kurang bersinar, Lizarazu menuturkan Perancis tidak kekurangan pemain berkualitas untuk dipilih oleh Deschamps. Sebut saja striker Paris St. Germain, Kylian Mbappe, Ousmane Dembele di Barcelona dan Kingsley Coman yang kini bermain di Bayern Munchen.

“Sektor lini tengah juga sama kuatnya. Sebab, selain Pogba, Perancis punya gelandang hebat lainnya, N’Golo Kante,” katanya.

Perancis masih akan melakukan tiga kali uji coba sebelum Piala Dunia bergulir. Dua di antaranya yakni kontra Italia di Nice (1 Juni) dan Amerika Serikat di Lyon (9 Juni). Di Piala Dunia 2018, timnas Perancis tergabung di grup C bersama Australia, Peru dan Denmark.

Sekadar informasi, tim ayam jantan menembus partai puncak Piala Dunia sebanyak dua kali. Pertama di negaranya sendiri tahun 1998 ketika mereka berhasil mengalahkan Brasil 3-0, dan terakhir kalah adu penalti 3-5 melawan Italia di final Piala Dunia 2006, Jerman. Final tersebut mungkin paling dikenang oleh publik Perancis hingga detik ini lantaran insiden tandukan Zinedine Zidane kepada bek Azzurri, Marco Materazzi.**GP

SHARE