Alat Penerjemah Canggih asal Negeri Paman Sam - Male Indonesia
Alat Penerjemah Canggih asal Negeri Paman Sam
MALE ID | Digital Life

Komunikasi akan menjadi sesuatu yang menyulitkan jika terkendala masalah bahasa, sehingga kita membutuhkan alat penerjemah. Alat ini berperan besar terhadap hidup kita saat sedang ‘terdampar’ di negeri orang.

alat penerjemah - Male Indonesiapixabay.com

Perbedaan bahasa memang dirasa lumrah, mengingat bumi terdiri dari berbagai macam negara dengan bahasanya sendiri. Dan melihat fenomena tersebut, sebuah perusahaan dari Negeri Paman Sam telah mengembangkan alat penerjemah berbentuk earpiece.

Waverly Labs, perusahaan asal New York, Amerika Serikat beberapa waktu lalu menciptakan alat penerjemah yang dapat melakukan tugasnya secara langsung ketika disisipkan dalam telinga penggunanya. Alat itu diberi nama Pilot, earpiece canggih pertama di dunia yang berfungsi menerjemahkan berbagai bahasa.

Sebelum Pilot dikembangkan, sebenarnya memang sudah ada alat/aplikasi yang mampu menerjemahkan bahasa secara otomatis seperti Google Translate. Hanya saja penggunaannya dianggap kurang efektif dan efisien lantaran membutuhkan smartphone. Di samping itu juga Google Translate tidak cocok dipakai di keramaian, sebab terganggu oleh suara lain yang masuk.

Sementara, pengguna Pilot kemungkinan besar tidak mengalami gangguan dalam penerimaan suara. Sehingga Anda dapat memakainya tanpa harus menghindari keramaian dan mencari tempat sunyi.

Agar Pilot berfungsi, pengguna harus memastikan bahwa lawan bicaranya juga memakainya. Kalau tidak, maka akan sia-sia saja. Setelah masing-masing mengenakan Pilot di telinga, kita tinggal mulai berbicara. Kata-kata yang diucapkan akan langsung diterjemahkan menyesuaikan bahasa sehari-hari lawan bicara. Sederhananya, lawan bicara seolah-olah mendengar Anda mengucapkan kata-kata dalam bahasanya.

Earpiece tersebut juga menyimpan suara dari kata-kata yang sudah Anda ucapkan. Kemudian mengirimkan ke aplikasi di smartphone melalui Bluetooth. Sehingga, dalam penggunaannya Anda tetap membutuhkan bantuan perangkat smartphone.

Walau belum resmi diluncurkan, rupanya Waverly Labs begitu gencar melakukan promosi. Seperti yang mereka lakukan beberapa waktu lalu dengan meng-upload foto Pilot di akun Facebook resminya. Mereka juga telah membuka pre-order bagi siapa saja yang hendak memiliki alat canggih mereka.

Pilot tersedia dalam tiga pilihan warna. Yaitu merah, hitam dan putih. Lalu, terdapat pengisi baterai dan aplikasi yang dibutuhkan. Dilansir dari The Sun, alat penerjemah ini akan dilego ke pasaran seharga 299 US Dollar atau sekitar 4,11 juta rupiah. Kalau Anda berminat membeli Pilot melalui pre-order, harga yang ditawarkan berkisar di angka 129-179 US Dollar (1,77-2,46 juta rupiah).**GP

SHARE