Tanda Aneh yang Tunjukan Masalah Jantung - Male Indonesia
Tanda Aneh yang Tunjukan Masalah Jantung
MALE ID | Sex & Health

Masalah jantung adalah masalah besar bagi kehidupan manusia. Khususnya pria. Karena pria lebih rentan terserang penyakit jantung. Bahkan, satu dari empat orang meninggal di dunia karena penyakit yang juga disebut penyakit kardiovaskular ini.

masalah jantung - male IndonesiaPixabay.com

Sebab itu, masalah jantung tidak bisa dianggap remeh. Meski Anda tidak dapat melihat detak jantung atau ada kelainan dalam detak jantung Anda, tetapi Anda bisa melihat tanda-tanda yang tidak biasa atau aneh dalam tubuh luar Anda. Setidaknya ada enam tanda aneh yang menunjukan masalah jantung.

1. Daun Telinga Kusut
Tanda aneh pertama yang menunjukan masalah jatung yaitu daun telinga Anda terlihat kusut. Di mana terlihat lipatan diagonal pada daun telinga Anda. Lipatan ini disebut juga sebagai tanda Frank, sebutan yang dinamai oleh seorang dokter Amerika bersama Sanders Frank.

Laman sciencealert melaporkan bahwa, telah lebih dari 40 penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan dengan lipatan eksternal yang terlihat pada daun telinga dan peningkatan risiko aterosklerosis, penyakit di mana plak menumpuk di dalam arteri Anda.

Penumpukan plak tersebut terjadi saat lapisan sel pada dinding dalam arteri (endothelium) yang bertugas menjaga kelancaran aliran darah mengalami kerusakan.

Tidak jelas apa penyebab dari tanda aneh itu. Bahkan, kini lipatan pada telinga tidak hanya menunjukan masalah jantung saja, tetapi juga dalam penyakit serebrovaskular, penyakit pembuluh darah di otak.

Hal itu bisa saja ada kaitannya dengan otak. Karena, aterosklerosis sebenarnya dapat terjadi pada arteri di bagian tubuh mana pun, seperti otak, ginjal, atau kaki, serta dapat memicu masalah kesehatan di bagian-bagian tersebut. 

2. Lemak yang Berlemak
Indikator eksternal lain dari masalah jantung adalah gumpalan lemak berwarna kuning, yang dikenal dalam dunia medis sebagai "xanthomas". Lemak yang berlemak ini dapat muncul di siku, lutut, pantat atau kelopak mata. Benjolan itu sendiri tidak berbahaya, tetapi itu bisa menjadi pertanda masalah yang lebih besar.

Xanthoma sendiri paling sering terlihat pada orang dengan penyakit genetik yang disebut familial hypercholesterolemia. Orang dengan kondisi ini memiliki kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah yang sangat tinggi, disebut juga "kolesterol jahat".

Kadar kolesterol ini sangat tinggi sehingga mereka terdeposit di kulit. Sayangnya, endapan lemak ini juga terletak di arteri yang memasok jantung.

3. Kuku Menjadi Lebih Tebal
Sebuah fenomena yang dikenal sebagai clubbing of the fingers ini bisa menjadi pertanda bahwa organ jantung sedang tidak sehat. Fenoma yang ditandai dengan kuku berubah bentuk, menjadi lebih tebal dan lebar ini, karena lebih banyak jaringan yang diproduksi.

Perubahan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, parahnya terjadi di kedua tangan. Alasannya karena darah yang mengandung oksigen tidak mencapai jari dengan benar. Perlu diketahui juga bahwa, clubbing of the fingers atau kuku menjadi lebih tebal ini adalah gejala medis tertua yang diketahui. Pertama kali dijelaskan oleh Hippocrates pada abad ke-5 SM.

4. Lemak Halo
Tanda aneh lainnya terkait masalah jantung ini adalah endapan lemak yang dapat dilihat di mata sebagai cincin kelabu. Tepatnya berada di sekitar bagian luar iris, bagian mata yang berwarna. Tanda aneh ini juga disebut sebagai "lemak halo".

Sekitar 45% orang di atas usia 40 tahun memiliki "lemak halo" di sekitar iris mereka. Lemak ini dapat meningkat menjadi sekitar 70% pada orang di atas usia 60 tahun. Kehadiran "lemak halo" ini telah terbukti erat kaitannya dengan beberapa faktor risiko untuk penyakit jantung koroner.

5. Gusi Membusuk
Keadaan kesehatan mulut Anda juga dapat menjadi prediktor yang baik dari keadaan kesehatan kardiovaskular (jantung) Anda. Karena, mulut memiliki bakteri baik dan jahat. Bakteri "jahat" dapat memasuki aliran darah dari mulut dan menyebabkan peradangan di pembuluh darah, yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular

Penelitian telah menunjukkan bahwa kehilangan gigi dan gusi yang meradang (periodontitis) adalah penanda penyakit jantung.

6. Bibir Membiru
Indikator kesehatan jantung dari mulut lainnya adalah warna bibir Anda. Bibir biasanya berwarna merah, tetapi bibir bisa berubah menjadi warna kebiru-biruan (sianosis) pada orang dengan masalah jantung, karena kegagalan sistem kardiovaskular untuk mengantarkan darah beroksigen ke jaringan.

Bibir biru memang bisa terjadi karena kedinginan atau berada di ketinggian tertentu. Tetapi berbeda ketika bibir membiru atau kebiruan yang mengindikasikan kesehatan jantung Anda. Jika karena dingin, bibir akan kembali seperti semua. 

Itulah enam tanda aneh yang menunjukan masalah jantung. Sebalum semakin parah, memang dianjurkan Anda harus sering-sering berkonsultasi dengan dokter. Hal ini untuk mencegah lebih awal agar Anda tetap sehat dan dapat beraktivitas sehari-hari dengan tenang. ** (SS)

SHARE