Bahaya, Ini Penyebab Pusaka Anda Berwarna Keunguan - Male Indonesia
Bahaya, Ini Penyebab Pusaka Anda Berwarna Keunguan
MALE ID | Sex & Health

Perubahan warna kemaluan pria bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya karena adanya peningkatan gairah bercinta. Ketika libido meningkat, kemaluan menjadi keunguan lantaran darah ke penis mengalir secara deras.

perubahan warna kemaluan - male Indonesiapixabay.com

Akan tetapi, warna kemaluan pria yang berubah bisa mengindikasikan jenis penyakit tertentu. Dan tentunya itu termasuk ke dalam salah satu kondisi yang perlu mendapat perhatian khusus.

Setidaknya terdapat berbagai penyebab warna kemaluan pria berubah menjadi keunguan. Antara lain:

Lichen sclerosus
Lichen sclerosus merupakan penyakit peradangan kulit yang sering memengaruhi kulit kelamin dan anus. Kelainan ini sering menyebabkan bercak putih, bintik merah atau ungu (terbentuk saat kulit menipis). Rata-rata penderitanya yaitu mereka yang tidak melewati proses khitan, dimana mengakibatkan jaringan parut cukup parah hingga disfungsi seksual.

Alergi obat
Setiap orang memiliki reaksi alergi berbeda-beda terhadap obat-obatan tertentu. Pada beberapa kasus, obat dapat menyebabkan reaksi yang sangat parah atau disebut dengan sindrom Stevens Johnson. Berupa ruam merah dan keunguan pada organ vital dan bagian tubuh lain. Penderitanya seringkali merasa kesakitan dan kulit mengelupas, bahkan komplikasi penyakit ini bisa mengancam nyawa.

Melansir dari Healthline, sejumlah obat bisa memicu sindrom Stevens Johnson. Seperti antibiotik berbasis sulfa, ibuprofen (advil), obat antikonvulsan, naproxen, obat antipsikotik, penisilin serta masih banyak lagi.

Memar
Memar terjadi ketika pembuluh darah kecil pecah dan mengakibatkan kebocoran di bawah permukaan kulit. Oleh karena itu, mengumpulnya darah di titik kebocoran dapat terlihat keunguan. Kondisi tersebut bisa berada di mana saja, termasuk di area kemaluan.

Ada tiga penyebab warna kemaluan pria menjadi keunguan oleh memar. Yaitu masturbasi berbahaya (menggunakan alat terlalu sempit), hubungan ranjang terlalu kuat dan bersemangat, serta Mr. P terjepit di antara ritsleting celana.

Warna keunguan pada memar juga bisa semakin gelap ketika tengah dalam proses penyembuhan. Namun jika tak kunjung hilang bahkan melebar ke bagian lain, ada baiknya penderita segera ke dokter.

Purpura
Purpura disebut juga bintik darah, tampak sebagai noda ungu kemerahan pada kulit, termasuk kulit Mr. P. Bintik ini bukan akibat langsung luka pada kemaluan, melainkan menjadi gejala dari kondisi yang mendasarinya. Kemungkinan penyebab puripura yaitu pembekuan darah, pembengkakan pembuluh darah, kekurangan nutrisi dan efek samping obat.

Hematoma
Hematoma merupakan memar di dalam jaringan organ. Kondisi demikian dapat dialami di bagian mana pun, termasuk di organ vital. Bila memar kecil terasa lembut saat disentuh, maka hematoma justru terasa kencang.

Di samping itu, hematoma menandakan adanya pendarahan berbahaya dan bisa menyebabkan hilangnya aliran darah. Ketika hematoma terjadi pada Mr. P, penderitanya harus segera mendapat perawatan intensif untuk mengecek jaringan pada Mr. P dan testis.**GP

SHARE