Merokok di Pantai Thailand, 1 Tahun Penjara Mengintai - Male Indonesia
Merokok di Pantai Thailand, 1 Tahun Penjara Mengintai
Sopan Sopian | Relax

Aturan di pantai Thailand akan membuat Anda seorang perokok bisa "berpuasa" saat liburan. Jangan sekali-kali merokok di Pantai Thailand. Jika tidak ingin liburan Anda berakhir di penjara atau denda uang yang cukup besar. Berbicara pariwisata di Thailand, memang negara ini menyuguhkan beragam keindahan pantainya.

pantai thailand Photo by Mo Baghdadi on Unsplash

Pantai-pantai yang indah dan kerap menjadi daya tarik untuk wisatawan, 20 di antaranya adalah Patong, Koh Khai Nok, Koh Khai Nai (Phuket); Hua Hin, Cha-Am, Khao Takiab (provinsi barat Prachuap Khiri Khan); Pattaya, Jomtien, Bangsaen (provinsi timur Chonburi) dan Samila (kota Songkhla).

Sayangnya dengan banyaknya turis yang datang, banyak juga puntung rokok yang berserakan. Menurut data dari Andaman Coastal Resources Research and Development Center, sebanyak 60,000 lebih puntung rokok ditemukan di pesisir pantai sepanjang 2,5 km. Selain merusak keindahan keindahan Pantai Thailand, limbah puntung rokok ini dapat merusak keseimbangan lautan dan terumbu karang laut.

"Rokok memiliki efek langsung terhadap lingkungan alam," kata Direktur Jenderal Jatuporn Buruspat seperti dilaporkan Phuket Gazette.

Mengantisipasi dampak lebih jauh, pemerintah lokal akan membuat larangan merokok dan dilaksanakan pada awal bulan depan (November 2017) di 20 pantai ternama itu. Tak tanggung-tanggung, hukuman bagi yang melanggar akan didenda uang sekitar Rp 40 juta atau penjara 1 tahun.

Meski memberlakukan larangan tersebut, sepertinya pemerintah Thailand tidak ingin kehilangan wisatawan. Maka dari itu, bagi para perokok yang ingin tetap merokok akan disediakan tempat khusus sendiri.

Dalam masa percobaan awal, larangan akan berlaku di pantai yang ada di Provinsi Phuket, Prachuap Khiri Khan, Chon Buri, Songkhla, dan termasuk resor populer yang ada di Koh Samui dan Pattaya.

Selain itu, sosialisasi juga diberlakukan kepada kapal-kapal yang mengangkut penumpang dan turis karena limbah puntung rokok juga merusak lingkungan bawah laut.

Negara Lain yang Melarang Wisatawan Merokok di Pantai

Selain Thailand. Salah satu pantai di Inggris lebih dulu untuk melarang para wisatawannya merokok di pantai. Brighton adalah kota pertama di Inggris yang melarang turis merokok di pantai. Peraturan itu telah dimulai sejak 2015 lalu.

Brighton yang terkenal karena pesisir pantai yang sangat panjang. Menjadi destinasi wisatawan saat musim panas tiba. Selain jadi favorit warga lokal. Pantai di Brighton pun menjadi favorit untuk turis manca negara yang ingin menikmati pantai di inggris. **

SHARE