Mati Gaya, Tidak Bisa Buka Youtube di Negara Ini - Male Indonesia
Mati Gaya, Tidak Bisa Buka Youtube di Negara Ini
Sopan Sopian | Digital Life

Memblokir YouTube di era digital mungkin sedikit aneh. Tetapi nyatanya itu benar-benar ada. Di mana negara-negara dibelahan dunia telah memblokir situs yang kini paling banyak dibuka oleh para warganet. Apalagi di Indonesia, YouTube menjadi media sosial paling digemari.

Memblokir youtube - male IndonesiaPhoto by whereslugo on Unsplash

Mungkin bagi beberapa orang memblokir YouTube adalah kesalah. Karena memiliki dampak yang signifikan bagi bisnis. Namun mungkin tidak bisa disalahkan juga bagi negara-negara yang telah memblokir YouTube karena dampak negatif yang telah terjadi sebelumnya. Lalu, negara mana saja yang dengan tegas memblokir YouTube?

China
China merupakan negara yang terbuka soal ekonomi. Meski begitu, China merupakan salah satu negara yang sepertinya tertutup bagi negara luar (salah satunya dalam hal politik). Untuk membendung pengaruh dari luar khususnya barat, China melarang semua produk Google termasuk YouTube dan situs media sosial lainnya, kecuali di daerah perdagangan bebas di Shanghai zone, yang disebut dengan “The Greatfire Wall of China“.

Brazil
Pertama kali YouTube dituntut oleh Daniela Cicarelli (lebih terkenal sebagai bekas tunangan Ronaldo), setelah videonya tersebar bersama dengan kekasihnya sedang melakukan hubungan seksual di pantai Spayol. Ia menuntut agar videonya dihapus, jika tidak YouTube akan diblokir di Brazil.

Pada tahun 2007, pemerintah Brazil memerintahkan agar membuat penyaringan saat mengakses YouTube. Tetapi setelah beberapa pertimbangan penyaringan itu dianggap tidak efektif. Akhirnya, pengadilan yang meminta YouTube dihapuskan. Brazil menggantinya dengan brtube.com.

Sudan
Pada April 2009, pemerintah Sudan memblokir Youtube. Selain itu, pemerintahan juga memblokir akun Google. Pemblokiran ini dilakukan karena beredarnya video panitia pemilu yang memberikan tambahan suara palsu. Tetapi, kejadian itu tidak berlangsung lama. Namun, tahun 2012 YouTube kembali diblokir gara-gara tidak menghapus trailer film “The Innocence of Muslim”.

Korea Utara
Korea Utara telah dikenal sebagai negara komunis yang mengisolasi diri dari dunia luar. Mereka tidak percaya dengan sistem operasi buatan di luar dari negara mereka. Akibatnya, tidak hanya YouTube, tapi semua situs yang ada di dunia ini diblokir oleh Korea Utara kecuali buatan negaranya sendiri.

Bahkan, saking tidak percayanya dengan sistem operasi buatan barat seperti Windows, Linux, atau semacamnya, setiap komputer di Korea Utara menggunakan sistem operasi yang diberi nama Red Star OS.

Pakistan
Pakistan pertama kali memblokir situs YouTube dikarenakan kemunculan film The Innocence of Muslim. Sejak September 2012, Pakistan memblokir Youtube. Mahkamah Agung Pakistan bahkan mengatakan bahwa YouTube harus diblokir sampai ditemukan cara untuk memblokir setiap konten yang berbau SARA. Hingga kini, Pakistan masih memblokir Youtube. ** (SS)

SHARE