Mau Tahu Tanda Rekan Kerja Gila Hormat? Ini Dia! - Male Indonesia
Mau Tahu Tanda Rekan Kerja Gila Hormat? Ini Dia!
Gading Perkasa | Works

Gila hormat merupakan istilah dimana seseorang terlalu haus akan pengakuan yang senantiasa ingin dihormati oleh orang lain. Perilakunya tidaklah benar, namun ia meminta orang menghormatinya. Dan ini sudah biasa kita temui di kehidupan sehari-hari, apalagi di dunia kerja.

gila hormat -  Male Indonesia
Photo by Headway on Unsplash

Meski kerap disepelekan orang, nyatanya sifat gila hormat bisa menjadi penyakit bila dibiarkan terlalu lama. Orang-orang di sekitar merasa jengah dan muak. Di samping itu juga akan menghambat seseorang untuk maju. Ujung-ujungnya, ritme pekerjaan dan perusahaan taruhannya.

MALEnials mau tahu seperti apa tanda-tanda rekan kerja di kantor mengidap ‘sindrom’ gila hormat? Inilah dia:

Memandang Seseorang Berdasarkan Pangkat
Ciri utama orang haus rasa hormat yaitu memandang seseorang berdasarkan pangkat dan kedudukannya. Ia beranggapan, orang yang memiliki jabatan tinggi itu berperan penting dan wajib diutamakan. Sementara orang tanpa jabatan apapun akan diperlakukan semaunya sendiri.

Junior Harus Selalu Memberi Hormat Kepada Senior
Ia merasa bahwa semua junior atau orang baru di tempat kerja harus memberi hormat pada senior. Tidak jarang, orang seperti itu menunjukkan dirinya punya kekuasaan dan bersifat arogan. Padahal, sebenarnya ia bukan siapa-siapa alias hanya karyawan biasa.

Segala Sesuatu Harus Melalui Dirinya agar Dianggap Memegang Peran Penting
Dengan sifat demikian, ia membuat dirinya sendiri sebagai perantara dalam berbagai sesuatu. Selain ingin dianggap penting, ia juga berusaha supaya keberadaan dan kemampuannya diakui.

Senang Dihormati Tanpa Mau Menghormati Orang Lain
Hampir semua orang yang minta dihormati enggan melakukan sebaliknya, yakni menghormati orang lain. Terutama jika ia memiliki anak buah di kantor. Yang kemudian terjadi, sang anak buah justru tidak respek dengan sikapnya tersebut.

Berambisi Mendapat Jabatan
Sekali lagi, orang gila hormat sangat berambisi untuk mendapatkan jabatan. Ia senantiasa memperlihatkan dirinya sempurna dan harus dihargai.

Apa pun yang ia katakan tak boleh dibantah
Apa pun yang ia katakan harus dituruti dan tidak bisa dibantah. Sehingga, ia akan tersinggung ketika mendapat perlawanan dari rekan kerja yang lain. Seolah-olah, perkataannya sangat berpengaruh dan semua orang pantas mengucapkan terima kasih kepadanya.**GP

SHARE