Benarkah Menguasai Bahasa Asing Memudahkan Jodoh? - Male Indonesia
Benarkah Menguasai Bahasa Asing Memudahkan Jodoh?
MALE ID | Relationships

Pada dasarnya, menguasai bahasa asing diperlukan bagi Anda yang suka bepergian ke luar negeri. Itu akan membantu Anda memelajari kebiasaan, seluk-beluk budaya dan sejarah di negeri yang Anda kunjungi. Meski demikian, ada keunggulan lain di baliknya, yaitu membantu Anda dalam menemukan jodoh. Benarkah demikian?

menguasai bahasa asing - male IndonesiaPhoto by Allie Milot on Unsplash

Of course. Berdasarkan riset EliteSingle dan Babbel (aplikasi belajar bahasa asing), ditemukan fakta bahwa sebanyak 93% responden lebih suka berkencan dengan seseorang yang menguasai bahasa asing ketimbang pemilik wajah rupawan atau keren. Tidak tanggung-tanggung, riset ini diikuti lebih dari 6.000 peserta lajang di 11 negara.

Hasil penelitian tersebut membuktikan, kemampuan berbicara bahasa asing rupanya meningkatkan kesempatan bagi seseorang dalam menemukan jodoh mereka. Riset juga menemukan, 75% responden tertarik pada mereka yang mampu berbicara lebih dari satu bahasa.

Ada berbagai faktor yang membuat seseorang cakap berbahasa asing terlihat menarik. Sebanyak 40% responden mengatakan, ketertarikan bahasa membuat mereka mengenali budaya lain. Sementara 23% berpendapat, mereka menyukai sisi misterius pada bahasa asing. Dan 20% responden beranggapan, membicarakan hal-hal berbau asmara dalam bahasa berbeda dapat menunjukkan kecerdasan.

Namun sebelum sampai pada tahap itu, kita harus menentukan terlebih dahulu ingin belajar bahasa apa. Situs Readers Digest telah melakukan survei di Amerika Serikat. Hasilnya, sebanyak 53% responden memilih Prancis sebagai bahasa paling menarik untuk dipelajari. Lalu bahasa Italia (32%) dan bahasa Spanyol (30%). Sedangkan, aksen paling populer adalah aksen Prancis, dimana telah dipilih sebanyak 46% responden. Disusul oleh aksen Irlandia (34%) dan Italia (30%).

Dari laporan CNN tahun 2016, setidaknya ada 23 bahasa di dunia digunakan oleh 50 juta penutur. Mereka juga menyebutkan lima bahasa asing yang sebaiknya kita kuasai, yaitu Mandarin, Spanyol, Arab, Portugis dan Rusia.

Bahasa Mandarin memiliki jumlah penutur lebih dari satu miliar orang dan digunakan oleh 35 negara. Berikutnya Spanyol (427 juta penutur, 31 negara), Arab (267 juta penutur, 58 negara), Portugis (202 juta penutur, 12 negara) dan yang terakhir, Rusia (171 juta penutur, 17 negara).

Pertanyaan terbesarnya sekarang adalah, apa hubungan antara kemampuan menguasai bahasa asing dengan ketertarikan seseorang? Menurut Julie Hansen selaku CEO Babbel, bisa berbahasa asing bukan cuma sekadar memperluas kemungkinan mendapat jodoh.

“Mampu berkomunikasi sangat mendasar bagi interaksi manusia. Tidak heran, bahwa dalam masyarakat global di tahun 2018, berbicara dengan bahasa lain menjadi kualitas sangat penting dalam sebuah hubungan,” ujar Hansen.

Terlepas dari itu semua, jika Anda mahir menuturkan bahasa asing, maka akan menjadi nilai plus bagi diri sendiri. Entah terkait urusan pekerjaan ataupun wanita.**GP

SHARE