Film Winchester: Kisah Seram Rumah si Nyonya Tua - Male Indonesia
Film Winchester: Kisah Seram Rumah si Nyonya Tua
Gading Perkasa | Review

Film Winchester merupakan film bergenre drama dan horror terbaru di tahun 2018 yang berasal dari Amerika Serikat. Digarap oleh sutradara kembar asal Australia, Peter dan Michael Spiering yang sebelumnya menggarap film Jigsaw (2017). Keduanya juga menulis skenario di film ini.

Adapun sejumlah nama bertindak sebagai produser film Winchester. Yaitu Tobin Armbrust, Michael Burton, Benedict Carver, Daniel Diamond, Brett Tomberlin, Brian J. Gilbert dan masih banyak lagi.

Bagi penggemar cerita horor, tentu sudah tak asing dengan cerita keluarga Winchester. Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata rumah berhantu bernama Winchester di San Jose, California, Amerika Serikat. Rumah tersebut dihantui oleh mereka yang menjadi korban penembakan menggunakan senjata api Winchester dan kini dijadikan objek wisata.

Winchester mengambil setting pada awal 1900-an, dimana Sarah Winchester (diperankan Helen Mirren), seorang janda mendapat warisan perusahaan senapan terkenal senilai 20 juta US Dollar. Perusahaan itu diwariskan dari suaminya yang meninggal secara tiba-tiba.

Bermodal harta dari mendiang suami, ia membangun rumah dengan desain membingungkan. Ia percaya, dirinya dikutuk karena bisnis senapan yang dijalankan sang suami semasa hidup.

Melihat tingkah Sarah, direktur perusahaan Winchester kemudian mengutus seorang psikiater guna memeriksa kondisi si nyonya tua. Muncullah Dr. Eric Price (diperankan Jason Clarke), psikiater yang merupakan pemabuk kelas berat. Eric jugalah yang membantu Sarah dalam menghadapi rentetan peristiwa mencekam di rumah tersebut hingga usai.

Dari jalan cerita, adrenalin penonton akan terpacu. Pasalnya, film ini banyak dihiasi jump scare sejak awal. Dan sampai menuju akhir film, beragam kejutan sulit diprediksi. Rangkaian cerita disampaikan cukup baik dan menegangkan oleh sang penulis naskah.

Terdapat dua hal yang menjadi perhatian utama dalam film Winchester. Pertama adalah true story Sarah Winchester dan rumah legendarisnya. Yang kedua yaitu kehadiran peraih Oscar, Helen Mirren. Sebab, kehadirannya di film bergenre horror terbilang jarang.

Beberapa pihak menyebutkan, karakter Sarah Winchester di film inilah yang membuat Helen tertarik. Dan ia pun sukses memerankan seorang wanita berkarakter kuat, cerdas dan penuh martabat.

Sekadar informasi, sebelum bermain di Winchester, ia telah membintangi sedikitnya 53 judul film. Di antaranya Hamlet (1976), Caligula (1979), The Madness of King George (1994), Raising Helen (2004).

Berbagai penghargaan turut ia raih. Seperti Academy Award kategori Best Actress (2006), Primetime Emmy Awards kategori Outstanding Lead Actress - Miniseries or a Movie (1996, 1999, 2006), BAFTA Award kategori Best Actress in a Leading Role (2006) dan Golden Globe kategori Best Actress (1997, 2007).**GP

SHARE