Pintu Ajaib Timnas Kroasia di Gelaran Piala Dunia - Male Indonesia
Pintu Ajaib Timnas Kroasia di Gelaran Piala Dunia
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Timnas Kroasia salah satu negara sering tampil di Piala Dunia. Termasuk tahun ini yang diselenggarakan di Rusia. Timnas Kroasia seakan bermain dikandang sendiri yang langsung berbatasan dengan Rusia.  

Timnas Kroasia (2013)/FOTO: Geiserich77/wikipedia

Di Piala Dunia 2018 ini juga, timnas Kroasia menjadi tim ke-28 yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Lolosnya timnas Kroasia masuk putaran final seperti memasuki pintu ajaib, meski harus bersitegang dibabak penentuan. Hal itu karena untuk kelima kalinya, skuad Negeri Balkan ini meraih kesuksesannya lewat babak play-off.

Yang kelima kalinya ini, Kroasia mengalahkan Yunani di babak play-off Piala Dunia 2018 dengan keunggulan agregat akhir 4-1. Skor tersebut sudah tercipta sejak kedua tim berduel pada leg pertama di Stadion Maksimir, Zagreb.

Pada partai penentuan di markas Yunani, Stadion Georgios Karaiskaki, Piraeus, Minggu (12/11/2017) waktu setempat atau Senin dini hari WIB, kedua tim cuma bermain imbang 0-0. Tuan rumah Yunani tak mampu menembus pertahanan solid Kroasia yang sudah berada di atas angin. Laga tersebut juga tampak monoton dengan minim serangan-serangan berbahaya dari kedua tim sejak awal-awal babak.

Pada pertandingan kala itu, Yunani seperti tidak ingin terkunci dengan skor awal yang hanya diberi 1 gol. Yunani memperlihatkan semangat pantang menyerang dengan mendominasi permainan sepanjang laga babak kedua. Menit ke-52, Yunani menciotakan peluang cetak gol melalui tendangan Panagiotis, namun masih mampu diblok oleh barisan pertahanan Kroasia.

Saat Kroasia melawan Brazil di Piala Dunia 2014/FOTO: Krassotkin/Wikipedia

Berselang enam menit kemudian, Yunani kembali memdapat kesempatan mencetak gol. Tendangan Kostas Mitroglou dari luar kotak penalti melenceng ke sisi kiri gawang Kroasia yang dijaga Danijel Subasic. Sehingga skor 0-0 pun bertahan hingga laga berakhir sekaligus memastikan Timnas Kroasia ke Piala Dunia 2018 Rusia.

Lolos dari grup I seperti melalui "pintu ajaib" itu, membuat semangat Kroasia kembali bangkit untuk dapat menerjang lawannya nanti pada ajang Piala Dunia 2018.

Timnas yang Pernah Dibubarkan
Tim Kroasia modern dibentuk pada tahun 1990, sesaat sebelum kemerdekaan bangsa dari Yugoslavia, dan pada tahun 1993 diakui oleh FIFA dan UEFA. Tim ini memainkan pertandingan kompetitif pertamanya dalam kampanye kualifikasi yang berhasil untuk Euro 1996, yang mengarah ke penampilan pertamanya di sebuah turnamen besar. 

Dalam debut Piala Dunia FIFA 1998, Kroasia menjadi tim yang bertengger di posisi ke-3 FIFA, dengan memberikan gol terbanyak selama turnamen tersebut, yakni Davor Šuker. Sejak layak untuk bersaing di turnamen internasional, Kroasia gagal lolos hanya dalam satu Piala Dunia (tahun 2010) dan satu Kejuaraan Eropa (pada tahun 2000).

Pertandingan Persahabatan Kroasia Vs Cyprus/FOTO: Kiera16/wikipedia

Namun, dibalik itu semua, Timnas Kroasia pernah dibubarkan. Kala itu Tim dikendalikan oleh Federasi Sepak Bola Kroasia, badan sepak bola yang memerintah negara tersebut. Sisi nasional FIFA yang disetujui sebelumnya mewakili Banovina dari Kroasia dan Negara Independen Kroasia dalam sembilan belas pertandingan persahabatan antara tahun 1940 dan 1944. 

Kemudian tim kroasia dibubarkan pada tahun 1945 saat Kroasia menjadi negara bagian federasi SFR Yugoslavia. Dengan demikian Kroasia yang tidak memenuhi syarat tidak dapat memasukkan tim untuk pertandingan kompetitif. kala kekosongan tim itu, sampai tahun 1990, pemain lokal bermain untuk tim nasional sepak bola Yugoslavia.

Atas kebangkitannya pada 1990, Kroasia diberi nama “Penggerak Terbaik FIFA”, yakni pada tahun 1994 dan 1998, satu-satunya tim bersama dengan Kolombia. Setelah masuk ke FIFA, Kroasia berada di peringkat 125 dunia. Setelah kampanye Piala Dunia 1998, tim tersebut naik ke posisi ketiga dalam peringkat, membuatnya menjadi tim yang paling berubah dalam sejarah Peringkat FIFA. ** (SS)

SHARE