Bagaimana Caranya Mengatasi Kebiasaan Mendengkur? - Male Indonesia
Bagaimana Caranya Mengatasi Kebiasaan Mendengkur?
MALE ID | Sex & Health

Pada umumnya, pria mempunyai kebiasaan mendengkur jauh lebih besar dibandingkan wanita saat sedang tidur. Hal ini cukup wajar dan lumrah, serta menandakan bahwa kita benar-benar nyaman dan terlelap.

kebiasaan mendengkur - Male Indonesiapexels.com

Namun demikian, kebiasaan mendengkur tidak selamanya baik. Selain mengganggu orang lain di sekitar Anda (pasangan), mendengkur juga sangat erat kaitannya dengan gangguan tidur dan merupakan gejala utama dari sleep apnea. Apa itu?

Sleep apnea terjadi ketika otot-otot saluran nafas melemas ketika tidur. Akibatnya, jalan nafas menyempit dan tidak ada udara dapat lewat. Kondisi tersebut bisa terjadi selama 10 detik hingga lebih dari satu menit.

Karena sesak, otak akan terbangun sejenak untuk menarik nafas tanpa disadari penderitanya. Proses tidur pun terganggu dan si penderita merasa selalu mengantuk sepanjang hari.

Jika dibiarkan, berbagai penyakit siap mengintai tubuh. Antara lain tekanan darah tinggi, masalah jantung, stroke, kerusakan otak, diabetes, obesitas, depresi dan yang paling parah, kematian.

Sebelum bahaya itu menyerang, Anda bisa mencegahnya melalui beberapa langkah. Sehingga, kebiasaan mendengkur akan berkurang, tidur juga semakin nyenyak.

Mengubah Posisi Tidur
Langkah pertama yang perlu diambil, ubahlah posisi tidur Anda. Biasanya orang mendengkur ketika ia tidur dengan posisi telentang. Bila demikian maka coba posisi miring ke salah satu bagian tubuh. “Bantal panjang yang menopang seluruh tubuh bisa memberi kemudahan untuk tidur pada posisi miring,” kata Daniel Slaughter, ahli otolaringologi dan mendengkur di Capital Otolaryngology, Austin, Amerika Serikat.

Ia menambahkan, bantal tubuh memungkinkan seseorang mempertahankan tidur miring dan membuat perbedaan begitu besar. Tidur menyamping mendorong tubuh bernapas melalui hidung, bukan mulut.

Menjaga Pola Makan
Cara kedua, menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Anda mengira hal ini tak ada hubungannya? Menurut The National Health Service (NHS), badan kesehatan Inggris, sedikit kelebihan berat badan saja dapat memicu kebiasaan mendengkur. “Jaringan lemak di sekitar leher menekan jalan napas dan mencegah udara mengalir secara bebas,” ujar pihak NHS, seperti dilansir dari Express.

Mandi Air Panas
Mandi air panas juga mampu mencegah Anda mendengkur saat tidur. Daniel merekomendasikan mandi air panas sebelum tidur guna membuka saluran hidung. Dengan saluran hidung yang terbuka, potensi mendengkur berkurang drastis.

Berhenti Merokok
Merokok menyebabkan iritasi serius pada hidung dan tenggorokan, serta mengakibatkan pembengkakan. Pembengkakan ini membatasi aliran udara yang masuk dan keluar. Jadi, Anda sudah tahu solusinya kan? Berhentilah merokok.

Kurangi Alkohol
Sama seperti rokok, alkohol merupakan pemicu kebiasaan mendengkur. Alkohol dianggap sebagai zat pemberi relaksasi pada otot. Sewaktu Anda tidur, otot secara otomatis menjadi rileks. “Tidur setelah mengonsumsi alkohol mendorong bagian belakang tenggorokan mengalami pengempisan ketika seseorang bernapas, sehingga ia mendengkur,” tutur NHS.**GP

SHARE