Aktor Ternama yang Belum Pernah Meraih Piala Oscar - Male Indonesia
Aktor Ternama yang Belum Pernah Meraih Piala Oscar
MALE ID | News

Academy Awards atau Piala Oscar menjadi penghargaan yang paling dinantikan setiap orang, khususnya para penggiat seni di dunia perfilman. Akan tetapi, bukan perkara gampang untuk memperoleh pengakuan Oscar setiap tahunnya.

Kemampuan akting memukau, film masuk jajaran box office dunia bahkan bayaran yang fantastis belum mampu menjamin seorang aktor membawa pulang Piala Oscar. Berbagai kriteria dari kritikus film tidak mudah ditebak. Dan itulah Oscar, penuh tanda tanya.

Sebut saja beberapa aktor berikut yang sepanjang perjalanan kariernya belum pernah mencicipi piala penghargaan yang pertama kali digelar pada tahun 1929 tersebut. Siapa saja mereka?
Edward Norton


Bridget Laudien/wikipedia

Akting Edward Norton patut diacungi jempol. Pria kelahiran 18 Agustus 1969 ini masuk dalam jajaran aktor dengan bayaran termahal di Hollywood. Rasanya wajar, melihat karyanya yang tak pernah lepas dari pujian. Walau demikian, tampaknya Piala Oscar masih menjadi angan-angan terbesarnya. Ia sempat dinominasikan untuk aktor pendukung terbaik di film Primal Fear (1997), American History X (1999) serta Birdman (2015).
Ed Harris


Gage Skidmore/wikipedia

Nama besar selanjutnya adalah Ed Harris, yang malang melintang di industri hiburan sejak tahun 1976. Ia berhasil meraih nominasi Oscar empat kali. Tiga sebagai nominasi aktor pendukung terbaik di film Apollo 13 (1996), The Truman Show (1999), The Hours (2003), dan satu kali sebagai nominasi aktor terbaik di film Pollock (2001). Sayang, belum ada karyanya yang berbuah Oscar.
John Travolta


Michael Wolf/wikipedia

Membicarakan soal nominasi Oscar, maka sosok John Travolta tak boleh terlewatkan. Aktor yang senantiasa membuat penonton terpukau ini hanya meraih dua nominasi Oscar. Yaitu nominasi aktor terbaik di film Saturday Night Fever (1978) dan Pulp Fiction (1995).
Robert Downey Jr.


Gage Skidmore/flickr

Pernah berharap Iron Man memboyong pulang piala Oscar? MALEnials tidak sendiri. Nyaris seluruh pecinta The Avengers berharap demikian. Apa lacur, harapan tinggal harapan sebab hingga detik ini Robert Downey Jr. belum berhasil menembus kursi nominasi Oscar. Sejak berkarier sebagai artis di tahun 1970, ia hanya meraih dua nominasi sebagai aktor terbaik di film Chaplin (1993) dan aktor pendukung terbaik Tropic Thunder (2009).

Tom Cruise


Gage Skidmore/flickr

Tom Cruise dinominasikan Oscar untuk aktor terbaik pada film Born on the Fourth of July (1990) dan Jerry Maguire (1997). Setelahnya, ia kembali melenggang sebagai nominasi aktor pendukung terbaik dengan film Magnolia (2000). Lagi-lagi, nama besarnya belum bisa mengantarkan ia memenangkan Oscar.

Johnny Depp


matsubokkuri/wikipedia

Dikenal akan kepiawaiannya membintangi berbagai film dengan karakter jauh berbeda, nyatanya kerja keras Johnny Depp masih belum mendapatkan apresiasi berupa Oscar. Tercatat ia pernah tiga kali dinominasikan Oscar di film Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl (2004), Finding Neverland (2005) dan Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street (2008).

Alan Rickman


Marie-lan Nguyen/wikipedia

Jika Anda penggemar sekuel Harry Potter, sudah pasti Anda tahu bahwa sepanjang kariernya mendiang Alan Rickman tidak pernah mendapatkan nominasi apalagi Piala Oscar. Padahal dari segi karya, namanya tidak diragukan lagi di 40 film yang ia mainkan.**GP

SHARE