Destinasi Lokal Bagi Penggemar Wisata Adrenalin | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Destinasi Lokal Bagi Penggemar Wisata Adrenalin
Sopan Sopian | Relax

Penggemar wisata adrenalin yang ekstrem tentu memiliki kenikmatan sendiri. Namun bagi mereka yang belum mencobanya, seperti berselancar, paralayang, rafting, dan lainnya, tentu akan menjadi pengalaman yang menakjubkan. 

Apalagi destinasi wisata yang menantang adrenalin orang yang melakukannya ini ada di Indonesia. Pasti menjadi keistimewaan sendiri. Setidaknya ada lima daerah di Indonesia yang menawarkan untuk menguji nyali Anda dalam melakukan liburan ekstrem alias wisata adrenalin.

Panjat Tebing di Lembah Harau

Lembah Harau/FOTO: Fotottgsumbar/wikipedia

Lembah Harau terletak di di Payakumbuh, Sumatera Barat, dan sering mendapat sebutan sebagai surganya pencinta panjat tebing. Ketinggian lembah ini mencapai 300 meter dan dikelilingi beberapa perbukitan seperti Singkarat, Tarangtang, Jambu, dan Air Putih. 

Jika berhasil menggapai puncak, Anda akan disambut dengan indahnya pemandangan empat air terjun yang mengalir di Lembah Harau. Air terjun itu adalah Sarasa Ayelolui, Sarasa Bunta, Sarasa Murai, dan Sarasa Ayeange.

Lompat Tebing di Blue Lagoon

Blu Lagoon di Bali/FOTO: Hairi/flickr

Bagi yang punya nyali dan gandrung akan wisata adrenalin, di sini salah satu tempatnya. Terletak di Nusa Ceningan, Bali, aktivitas ini akan memberikan sebuah pengalaman yang luar biasa. Di Blue Lagoon, Anda akan melompat dari tebing setinggi 13 meter dan langsung disambut deburan ombak laut di bawah. 

Waktu terbaik untuk menjajal wisata ekstrem ini adalah saat musim kemarau, antara Juni hingga September. Yang perlu Anda perhatikan di sini adalah tidak adanya tenaga medis atau prosedur keamanan khusus disediakan untuk mereka yang ingin melompat di sini. Jika Anda memang ingin benar-benar melompat dari Blue Lagoon, pastikan ombak sedang tidak terlalu tinggi dan ada orang di sekitar untuk mengawasi.

Rafting di Sungai Asahan

Ilustrasi Rafting/FOTO: pxhere

Sungai Asahan di Sumatra Utara memiliki arus yang sempurna untuk rafting. Aliran airnya mencapai 20 meter kubik per detik dan sering dimasukkan dalam skala 4 atau 5 untuk rafting. 

Kompetisi rafting bertaraf nasional maupun Internasional sering digelar di sini. Selain itu banyak yang menyakini bahwa Asahan merupakan sungai terbaik ketiga sedunia untuk rafting, hanya kalah dari Sungai Colorado dan Zambesi.

Paralayang di Matantimali

Ilustrasi Paralayang/FOTO: Pixabay

Wisata adrenalin selanjutnya ada di Matantimali. Jika ingin berkunjung ke Sulawesi Tengah, jangan sampai melewatkan paralayang di puncak Gunung Matantimali ini. Banyak orang menyebut tempat ini sebagai salah satu lokasi paralayang terbaik di Indonesia. Sembari melayang-layang di udara, nikmati indahnya pemandangan kota Palu. Nuansanya tentu sangat menggoda, mengingat puncak Gunung Matantimali terletak 1000 meter di atas permukaan laut. 

Berselancar di Mentawai

Berselancar di Mentawai/FOTO: VotelTP/Wikipedia

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki begitu banyak spot untuk menyelam dan berselancar. Mentawai sendiri terletak sekitar 150 km dari Samudra Hindia dan terdiri dari empat pulau, yaitu Pagai Utara, Pagai Selatan, Sikakap, dan Sibora. 

Anda bisa menikmati pemandangan di sekitar pantai atau mencoba menunggangi ombak yang ada di sini. Ombak di Mentawai memiliki ketinggian antara 1,5 hingga 4,5 meter dan dianggap sebagai ombak terbaik di Indonesia. Total ada 72 titik surfing yang bisa Anda jajal di sini dan masing-masing memiliki karakteristik ombak yang berbeda.

Nah, bagi Anda pecinta wisata adrenalin yang menantang, Anda bisa menjadikan lima tempat lokal ini draf untuk mengisi liburan penuh tantangan Anda. ** (SS)

SHARE