Genre Musik Bisa Memengaruhi Hubungan Anda - Male Indonesia
Genre Musik Bisa Memengaruhi Hubungan Anda
MALE ID | Relationships

Bagi banyak orang, genre musik tidak hanya mencerminkan selera pribadi. Namun mencerminkan identitas mereka. Bahkan, menurut psikolog, musik berfungsi sebagai lencana yang orang gunakan untuk tidak hanya mengekspresikan diri, tapi juga menilai orang lain.

genre musik - male Indonesiapixabay.com

Selain itu, sebagai orang dewasa, mendengarkan genre musik yang sesuai dengan nilai Anda, menunjukan hubungan yang kuat antara preferensi musik dan kepribadian. Misalnya, orang-orang yang reflektif dan kompleks cenderung mendengarkan musik klasik, jazz, blues, dan folk, sementara orang-orang optimis dan konvensional bersandar pada negara, soundtrack, dan pop.

Kemudian, bagaimana preferensi musik ini mempengaruhi romansa hubungan? Sebuah penelitian tentang pengaruh genre musik terhadap ketertarikan seksual menemukan bahwa, beberapa jenis musik lebih baik daripada yang lain. Pria dan wanita heteroseksual sama-sama menganggap musik country kurang menarik dibanding genre musik lainnya.

Wanita cenderung lebih tertarik pada pria yang menjadi heavy metal, sedangkan minat wanita terhadap heavy metal justru menurunkan daya tarik pria. Selain menyuarakan genre musik seksi, studi yang sama menemukan bahwa pria dan wanita menghargai musik secara berbeda dalam suatu hubungan. 

Pria peduli dengan apa yang wanita dengarkan dan apakah selera mereka cocok atau tidak. Sebaliknya, tidak masalah bagi wanita jika pria memiliki selera musik yang sama. Mengingat bahwa selera musik mencerminkan identitas diri dan nilai pribadi seseorang, tidak mengherankan jika musik mempengaruhi ketertarikan seksual dan status hubungan. 

Sejurus dengan hal tersebut, menurut penelitina yang dilakukan Peter Rentfrow dan Samuel Gosling dari laman Elite Daily, mengatakan bahwa seseorang menggunakan pilihan musik untuk menyampaikan informasi mengenai kepribadian mereka. Pada awal pertemuan topik pembicaraan yang ada lebih beragam seperti film, olahraga, dan lain sebagainya. Tetapi seiring waktu ternyata topik yang tetap relevan dan sering dibicarakan adalah musik.

Melalui penelitiannya itu, juga menemukan bahwa pembicaraan mengenai musik merupakan cara yang paling akurat bagi seseorang untuk mengirimkan pesan mengenai kepribadian yang mereka miliki. Selain itu penampilan seseorang yang berdasar dari musik favoritnya juga menentukan persepsi yang diterimanya dari orang lain.

Namun, hanya karena genre musik dipandang sebagai "seksi" oleh sains, tidak berarti Anda harus memaksakan diri untuk menyukainya. Orang yang tepat akan mencintai Anda untuk-atau bahkan meskipun apa yang Anda dengarkan. ** (SS)

SHARE