BMW G 310R, Motor Gahar di kelas Entry Level | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
BMW G 310R, Motor Gahar di kelas Entry Level
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Ketika berbicara BMW Motorrad, yang sering terlintas di kepala adalah motor gahar nan garang di kelas premium. Padahal, mereka juga punya produk berkapasitas ‘mungil’, yakni BMW G 310R.


bmw.com

G 310R merupakan varian terkecil dari semua line up produk BMW. Pihak BMW Motorrad menempatkan G 310R sebagai learner motorcycle dalam kasta entry level. Terus kenapa bisa disebut motor gahar?

Di Benua Eropa, sepeda motor berkapasitas 300cc masih dianggap motor bagi pengendara pemula. Lain halnya dengan benua Asia, dimana kapasitas itu sudah menandakan bahwa BMW G 310 R berada di kelas motor mewah, khususnya di Indonesia.

Nyaris tidak ada yang meragukan kualitas dan kapasitas BMW Motorrad sebagai produsen kuda besi di Eropa. Namun masalahnya, ketika hendak memasuki pasar Asia, range produk mereka terlalu tinggi untuk daya beli rata-rata masyarakatnya. Oleh karenanya BMW memutuskan menggaet TVS dan melakukan kerja sama dalam pengembangan motor gahar berkubikasi kecil.


bmw.com

Mesin berkapasitas 312cc ini sejatinya dirancang oleh Husqvarna (sebagian sahamnya dimiliki oleh BMW). Hanya saja pengembangannya dipegang BMW dan produknya diluncurkan pihak TVS.

Boleh dibilang, mesin BMW G 310R hampir menyerupai mesin TVS Apache RR 310. Perbedaan cukup signifikan terletak pada karakter power. BMW menyalurkan power pada kitiran rpm rendah hingga menengah, sementara Apache RR 310 berfokus pada penyaluran power di rpm menengah ke atas. Hal ini tentu dipengaruhi oleh desain motor sendiri. G 310R bergenre naked bike, dan RR 310 adalah sport bike.


bmw.com

G 310R sudah menerapkan berbagai fitur mumpuni. Sebut saja dual channel auto-brake system (ABS), suspensi depan upside-down 41mm, pengereman single disc brake 300 mm empat piston dari Bybre (depan) dan single disc brake 240 mm (belakang), tubular spaceframe, drawn die-case aluminium swinging arm serta masih banyak lagi.

Fitur yang disematkan tentu wajib diimbangi dengan performa mengagumkan. Di atas kertas, G 310R tergolong kuda besi powerful. Torsi yang dihasilkan sebesar 28 Nm dan mampu memuntahkan tenaga 34 HP di putaran mesin 9500 rpm. Alhasil, walau berbobot sekitar 160 kg, G 310R sanggup digeber hingga kecepatan 143 km/jam. MALEnials merasa kurang kencang? Di ibukota, sulit memperoleh topspeed di angka tersebut kecuali Anda berkendara di malam hari.

Jika Anda ingin memiliki motor gahar ber-cc ‘mungil’ ini di garasi Anda, pihak BMW membanderolnya dengan harga 4.800 US Dollar atau setara 65 juta rupiah. So, tunggu apa lagi?**GP

SHARE