Tomb Raider (2018): Petualangan Awal Lara Croft | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tomb Raider (2018): Petualangan Awal Lara Croft
Sopan Sopian | Review

Film Tomb Raider merupakan film bergenre action-adventure dengan tokoh utama seorang wanita tangguh yang dapat melewati batas-batas kemampuannya. Film Tomb Raider juga merupakan film adaptasi dari sebuah permainan video game popular dengan karakter yang sama, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1996.

Film Tomb Raider (2018) yang dibintangi oleh artis cantik Alicia Vikander berbeda dengan film Tomb Raider sebelumnya, justru berkisah tentang asal-usul Lara Croft itu sendiri. Film yang diproduksi oleh Eidos Interactive, Metro-Goldwyn_Mayer (MGM), GK Films, dan Warner Bros Picturesi ini, juga dibintangi beberapa bintang ternama seperti Dominic West, Hannah John-Kamen, Walton Goggins, dan Daniel Wu. 

Ringkasan
Diceritakan, Lara Croft (Alicia Vikander), remaja putri yang tumbuh mandiri setelah ditinggalkan ayahnya, Tuhan Richard Croft (Dominic West).  Meski ia putri dari sang konglomerat, ia memilih jalur menjadi kurir sepeda. 

Hidup secara sederhana, ia menjalani dengan keuangan yang minim, sampai-sampai ia tidak bisa membayar uang iuran olahraga gulat yang digelutinya. Bertekad memilih jalannya sendiri, ia menolak tawaran untuk menerima kendali kerjaan bisnis milik sang ayah.

Seorang sekretaris ayahnya, Ana Miller (Kristin Scott Thomas) mengabarkan pencarian ayahnya selama tujuh tahun dihentikan. Pencarian itu menyimpulkan bahwa ayahnya telah meninggal dalam sebuah ekspedisi.

Suatau malam, saat ia duduk bersama teh hangat di atas balkon rumah, Lara teringat masa-masa kecil bersama sang ayah. Ia sadar ayahnya begitu mencintainya. "Aku akan kembali sebelum kau rindu," itulah kalimat kenangan yang terus terngiang dalam pikiran Lara.

Akhirnya ia memutuskan untuk menandatangani serah terima jabatan untuk memimpin perusahaan. Namun hal itu batal setelah Lara menerima sebuah puzzle khas Jepang yang dititipkan pada pengacara ayahnya. Puzzle inilah yang mengantarkan Lara berpetualang untuk mencari jejak terakhir kematian ayahnya.

Sosok Lara yang keras dan tidak ingin diatur, ia pun terbang ke sebuah dermaga untuk mencari sebuah kapal untuk menuju ke pulau misterius di perairan lepas Jepang. Bersama pemilik kapal, Lu Ren (Daniel Wu) petualangan diluar dugaan Lara memaksanya untuk bertahan hidup dengan kecerdasan otaknya, kegigihan serta semangat yang pantang menyerah.

Ia harus menggagalkan rencana sebuah organisasi rahasia yang berusaha untuk menguasai sebuah artefak kuno. Banyak aksi heroik terjadi di sini. Sehingga petualangan dan pengalaman Lara ini adalah awal dari semuanya, dimana ia akan menjadi seorang yang tangguh dan mendapat julukan Tomb Raider

Highlight
Mendengar judul film Tomb Raider memang tidak bisa lepas dari aktris cantik Angelina Jolie. Karena ia telah membintangi dua sekuel film ini sekaligus yakni "Lara Croft: Tomb Raider (2001)" dan "Tomb Raider: Croatian Tomb of Life (2003)".

Namun. Dalam Tomb Raider kali ini, bayang-bayang Angelina Jolie sedikit terlepas, karena seperti dikatakan diawal bahwa ceritanya pun beda. Reboot Tomb Raider ini justru lebih dekat dengan versi video game-nya yang dirilis untuk PS4 dan Xbox One. 

Selain itu, Alicia Vikander sebagai pemenang Oscar (Maret 2018) berhasil menepis kontroversi khlayak yang membanding-bandingkan dirinya dengan Angelina Jolie. Ia berhasil menghipnotis penonton dalam menggambarkan sosok Lara yang tanggguh, tidak mudah menyerah, dan cerdas.

Terkait pemilihan Alicia Vikander sebagai Lara, produser Graham King mengatakan bahwa Vikander membawa kedalaman dan kerentanan yang luar biasa pada karakter Lara, di mana sama pentingnya dengan kekuatan, determinasi, dan fisik Lara itu sendiri. 

"Film ini membawa Lara dari asal mula dengan tantangan fisik dan emosional yang kemudian akhirnya menjadi Tomb Raider. Ini adalah karakter yang kompleks, membutuhkan berbagai elemen dan Vikander membawa semua itu secara bersama-sama dalam penggambarannya," tutur produser yang memenangkan Oscar sebagai produser The Departed itu.

Selain keseluruhan cerita yang heroik dan penuh tantangan yang akan dihadapi Lara, hal menarik lainnya dari film Tomb Raider (2018) adalah penggunaan senjata yang digunakan Lara, yaitu panah. Jika dibandingkan dengan Tomb Raider 15 tahun silam menggunakan senapan, di sini selama pertarungan mengahdapi lawan, Lara sedikit pun tidak menyentuh senapan. Tidak dipungkiri hal inilah menambah rasa baru dalam film baru Tomb Raider (2018).**(SS)


 

SHARE