Ponsel ini Bisa Melindungi Bitcoin dari Hacker? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Ponsel ini Bisa Melindungi Bitcoin dari Hacker?
Gading Perkasa | Digital Life

Belum lama ini sebuah pabrikan ponsel asal Jerman telah meluncurkan ponsel baru yang diklaim bisa melindungi bitcoin dari serangan peretas alias hacker. Ponsel tersebut diberi nama SikurPhone. Kira-kira seperti apa spesifikasi dan fitur yang diusung di dalamnya?

melindungi-bitcoin-Male-Indonesiapixabay.com

Dilansir dari CNBC, ponsel yang merupakan penerus GranitePhone (dirilis di tahun 2016 lalu dan mendapat respon positif dari penggunanya) ini didesain secara khusus guna melindungi bitcoin serta berbagai cryptocurrency lainnya. SikurPhone diperkenalkan di Mobile World Congress, Barcelona. Dibekali dengan fitur dompet mata uang digital bernama SikurWallet.

Dalam beberapa tahun terakhir, cryptocurrency seperti bitcoin menjadi sasaran empuk para peretas demi meraih keuntungan besar. Hal itu diungkapkan Cristiano Iop selaku CEO Sikur, melansir dari Cnet. “Mengamankan penyimpanan informasi pada perangkat kami adalah poin penting,” ujar Cristiano.

Perlu MALEnials ketahui, SikurPhone mempunyai enkripsi berlapis-lapis dan begitu ketat. Sehingga, para peretas akan mengalami kesulitan saat mencoba menembus sistem keamanan.

Pihak pabrikan ponsel telah menantang HackerOne untuk meretas sistem SikurPhone. Tujuannya tidak lain demi membuktikan bahwa keamanan produk buatannya tidak mudah ditembus, meski oleh ahli peretas sekalipun. Mereka mencoba menjebol selama kurun waktu sekitar dua bulan. Bagaimana hasilnya? Gagal total.

Pada dasarnya, ponsel yang dapat melindungi bitcoin ini tak jauh berbeda dibandingkan ponsel lain, yaitu menggunakan OS Android. Hanya saja ketika pengguna ingin menginstal aplikasi di Play Store, pengguna harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak Sikur sebagai usaha mereka menjaga keamanan ponsel.

Beragam aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram pun telah di-download oleh Sikur sendiri sehingga keamanannya terjamin. Mereka hanya menyasar pebisnis serta pejabat di pemerintahan. Memang terkesan berbelit-belit karena Anda perlu menghubungi pihak Sikur, namun rupanya ponsel buatan mereka juga banyak diburu walau hanya dikhususkan bagi kalangan terbatas.

Spesifikasi yang disematkan di dalamnya terdiri dari RAM 4 GB, memori internal sebesar 64 GB, prosesor MediaTek serta kapasitas baterai sebesar 2.800 mAh. Bukan cuma itu, fitur SikurPhone juga dilengkapi kamera beresolusi tinggi, 13 MP di bagian belakang dan 5 MP di bagian depan.

Mengenai masalah harga, Sikur melabelinya dengan harga 799 US Dollar atau setara 11 juta rupiah. Terlepas dari segala keunggulan yang ada, tidak tertutup kemungkinan pihak-pihak tertentu dapat melakukan tindakan kriminal. Itu semua kembali kepada niat penggunanya.**GP

SHARE