Kencan Pertama, Siapa yang Wajib 'Menanggung'? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Kencan Pertama, Siapa yang Wajib 'Menanggung'?
Gading Perkasa | Relationships

Kencan pertama memang menjadi hal paling berkesan dan menentukan nasib hubungan dua insan selanjutnya. Namun pernahkah terbesit di benak Anda siapa yang harus menanggung atau membayar biaya kencan?

kencan pertama - male Indonesiapixabay.com

Sejatinya, tidak ada aturan baku yang menyebutkan pria atau wanita wajib membayar pada kencan pertama. Namun, hal itu bisa menimbulkan masalah tersendiri dan mengakibatkan suasana kencan kurang nyaman.

Dari survei yang dilakukan Money and Survey Monkey 2017 lalu, sebanyak 78% responden mengatakan bahwa pria harus membayar kencan pertama. Hasil tersebut senada dengan penemuan yang dipimpin Emmers-Sommer di tahun 2010.

Sedangkan menurut Alex Williamson, Brand Manager aplikasi Bumble, jika orang itu punya inisiatif mengajak pasangannya kencan, maka ia adalah pihak yang harus membayar biayanya. “Entah pria atau wanita, ia harus bertanggung jawab membayar biaya kencan,” kata Alex.

“Walau bagaimanapun, sangat wajar bagi dua orang untuk menawarkan diri sebagai pihak yang menuntaskan sebagian atau seluruh biaya kencan lewat proses diskusi,” katanya lagi.

Alex juga mengingatkan jangan sampai Anda memilih lokasi kencan yang tak sesuai dengan “kapasitas”. Jika Anda kurang nyaman akan hal itu, pertimbangkan lagi tempat atau lokasi kencan yang hendak Anda tuju. “Pilih tempat di mana Anda bisa senang hati tanpa beban,” ucapnya.

Sementara Talia Godlstein, CEO Three Day Rule, mengambil pendekatan yang lebih tradisional. Ia mengatakan, bahwa wanita sangat senang diperhatikan oleh pria. Khususnya perihal siapa yang mengambil alih di kencan pertama. “Barangkali terasa kuno dan ketinggalan zaman. Tapi apa salahnya pria sedikit mengikuti tradisi,” ucap Talia.

Jika berlanjut pada kencan berikutnya, kedua belah pihak dapat menentukan apakah pria atau justru wanita yang hendak membayar biaya kencan. Itu semua disesuaikan dengan kondisi keuangan dan pilihan yang disepakati bersama.

Talia pun menegaskan, saat pria telah melaksanakan “tugasnya”, perhatikan apakah si dia mau menanggung biaya transportasi Anda atau tidak. Dari situ Anda sudah bisa tahu nasib Anda bila ingin mengajaknya kencan kembali.

Alex Williamson menuturkan supaya Anda sebagai seorang pria mendiskusikannya bersama calon pasangan terkait biaya kencan. “Sangat penting untuk bersikap terbuka dan jujur. Jika Anda merencanakan kencan berikutnya, pastikan berkomunikasi terlebih dahulu,” tutur Alex.**GP

SHARE