Sering Sendawa? Waspadai Gangguan Kesehatan ini! | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Sering Sendawa? Waspadai Gangguan Kesehatan ini!
Gading Perkasa | Sex & Health

Anda sering sendawa di tiap situasi? Alangkah baiknya tidak meremehkan hal itu, karena bila didiamkan dapat membahayakan tubuh Anda.

sering sendawa - male Indonesiapixabay.com

Bersendawa biasa dianggap sebagai pertanda tubuh sudah mulai kenyang. Akan tetapi, jika Anda terlalu sering sendawa bahkan disertai gejala tertentu, bukan tidak mungkin ada masalah kesehatan yang melandasi kondisi tersebut.

Walau agak memalukan, nyatanya bersendawa merupakan salah satu proses alami dari tubuh. Manfaatnya yaitu membuang kumpulan gas atau udara di dalam perut sehingga menurunkan rasa tidak nyaman.

Seperti dilansir dari Livestrong, ketika seseorang makan atau minum, maka sebenarnya bukan hanya kedua hal itu yang masuk ke dalam tubuh. Melainkan udara seperti gas nitrogen dan oksigen juga mengalir ke perut. Apabila sudah menumpuk, udara harus dikeluarkan dengan cara sendawa.

Udara atau gas yang masuk dipaksa keluar dari perut kemudian naik ke kerongkongan (tabung penghubung antara bagian belakang kerongkongan dan perut). Tujuannya agar bisa dikeluarkan melalui mulut dan sendawa dapat dilakukan.

Namun demikian, sendawa yang terjadi berkali-kali apalagi dibarengi gejala tertentu merupakan pertanda bahwa terdapat gangguan kesehatan. Antara lain:

Dispepsia
Dispepsia mengacu pada kumpulan gejala yang berkaitan dengan fungsi pencernaan. Di samping bersendawa, kemungkinan lain juga bisa menyertai. Misalnya saja perut kembung, nyeri, mual, muntah, merasa terlalu kenyang sehabis makan, kurang nafsu makan atau bahkan memuntahkan sebagian makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh. Penyebabnya sangatlah beragam, entah stres berat, kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol dan obat-obatan.

Gangguan pada Bagian Esofagus
Gangguan pada bagian esofagus umumnya tidak hanya menyebabkan sendawa, melainkan kerap diikuti dengan aliran asam lambung atau makanan yang berbalik dari isi perut ke bagian kerongkongan. Alhasil, tubuh mulai merasa tidak nyaman.

Penyakit Asam Lambung/maag
Penyakit asam lambung atau disebut juga maag berawal dari peningkatan jumlah asam lambung di dalam perut secara signifikan dimana mengakibatkan seseorang lebih sering sendawa dan terkadang mengalami mual dan muntah.

Apabila ketiga kondisi di atas terjadi terus-menerus bahkan sampai mengganggu aktivitas dan semakin memburuk, segera pergi ke dokter agar penyakit bisa segera diatasi.**GP

SHARE