Aplikasi Android Bisa Diciptakan Tanpa Bisa Coding | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Aplikasi Android Bisa Diciptakan Tanpa Bisa Coding
Sopan Sopian | Digital Life

Seiring populasi pengguna Android meningkat, tentu aplikasi Android juga mengikuti. Banyak bermunculan vendor-vendor yang menjual smartphone-nya menggunakan sistem operasi Android. Selain itu, terlihat pula semakin banyak orang ingin membuat aplikasi Android agar bisa diunggah di Google Play Store.

aplikasi android - Male Indonesiapixabay.com

Disamping itu, bagi yang memiliki modal, tentu membaut aplikasi Android bisa mengembangkan sendiri dengan memanfaatkan jasa outsource. Namun bagaimana jika yang tidak memiliki dana memadai untuk pembuatan aplikasi Android, ditambah lagi tidak memiliki keahlian dalam pembuatannya. Alasannya tidak bisa coding!

Namun, seperti tujuan teknologi itu sendiri. Semua bisa didapat dengan mudah dalam menjalani apapun. Begitu dalam perangkat lunak seperti aplikasi di dalam smartphone. Jika Anda terkendala dengan modal dan keahlian dalam sistem informasi khususnya bidang teknologi pembuatan aplikasi, Anda bisa menggunakan beberapa layanan pembuatan Aplikasi Android tanpa harus mengerti coding

Andromo
Andromo merupakan situs yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi Android dengan mudah dan tanpa coding. Dengan Andromo, pengguna dapat membuat aplikasi seperti audio player, map, navigation, Facebook, Twitter, video Youtube, dan lain-lain.

Selain itu, Andromo juga memberikan fitur monetization agar pengguna yang membuat aplikasi bisa mendapatkan pendapatan dengan cara memasang iklan pada aplikasi yang telah dibuat. Andromo juga memberikan layanan Google App Analytics yang berguna untuk mengetahui jumlah data dari pengguna lain yang menggunakan aplikasi yang sudah dibuat.

AppsMoment
AppsMoment bisa diperumpamakan sebagai blog-nya aplikasi mobile. Anda dapat membuat beragam jenis aplikasi Android dengan memilih berbagai macam template yang disesuaikan dengan kategori masing-masing fungsinya.

Di sini Anda juga bisa menciptakan dengan melihat contoh yang sudah ada, kemudian mengubah labelnya agar sesuai merek produk, bahkan memublikasikannya lewat AppsMoment. Yang menarik, mereka juga menyediakan jalur bagi pihak reseller jasa pembuatan aplikasi mobile dengan tambahan fungsi tambahan lainnya yang cukup beragam.

MIT App Inventor
App Inventor adalah proyek dari Massachuset Institute of Technology (MIT) yang dibuat untuk mengajarkan semua orang khususnya pemula untuk membuat aplikasi Android dengan block-based programming tool. Dengan tampilan yang sederhana namun kayak akan fitur membuat pengguna nyaman menggunakannya.

App Inventor digunakan cukup mudah hanya dengan melakukan drag and drop dan menambahkan infromasi atau data serta mengatur palette di bagian properties. App Inventor ini merupakan tools untuk membuat aplikasi Android melalui browser yang cukup lengkap fungsinya. Dibagian palette terlihat banyak sekali fitur yang bisa digunakan seperti sensor, Bluetooth, dan lainnya.

Bubble
Dari sekian nama lainnya yang terdapat dalam daftar ini, Bubble bisa dibilang merupakan layanan pembuatan aplikasi tanpa coding yang cukup rumit. Layanan ini sepenuhnya mengandalkan Visual Framework sehingga memerlukan pendalaman tersendiri untuk bisa dikuasai.

Jika Anda telah melalui proses belajar ini dengan baik, proses pembuatan aplikasi yang ditawarkan Bubble sebenarnya jauh lebih dinamis dibandingkan memakai template. ANda bisa lebih bebas berkreasi menggunakan elemen yang disediakan.

AppyPie
Dengan menggunakan situs ini, pengguna dapat membuat aplikasi Android secara online dan sangat mudah serta tanpa coding. Untuk memulai mambuat aplikasinya, cukup memilih kategori aplikasi yang akan dibuat seperti bisnis, informasi, bisnis online, fotografi, edukasi, dan lain-lain. Sesuaikan kategori aplikasi yang akan dibuat dengan kategori yang tersedia pada AppyPie.com.

Membuat aplikasi menggunakan AppyPie.com, cukup melakukan drag and drop sehingga membuat pengguna yang buta terhadap coding akan sangat mudah. Setelah memilih kategori, pengguna akan memilih tema untuk tampilan aplikasi, selanjutnya tinggal mengikuti intruksi sampai melakukan publish aplikasi. Untuk berlangganan gratis, pengguna dapat membuat aplikasi Android, iOS, dan HTML5. ** (SS)

SHARE