Cara Kembalikan View Image di Google Search Image | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Cara Kembalikan View Image di Google Search Image
Sopan Sopian | Digital Life

Bagaimana kembalikan view image yang hilang di google? Begitulah pertanyaan awal ketika Google telah menghilangkan fitur ini di kolom pencariannya. Memang Google telah menghilangkan fitur view image dari mesin pencariannya semenjak 15 Februari 2018 lalu. Hilangnya fitur itu, Google berdalih untuk perlindungan hak cipta fotografer

Ketika fitu view image dihilangkan, pengguna hanya dapat menemukan pilihan Buka, Simpan, Tampilkan Gambar Tersimpan dan Bagikan. Seorang blogger, Hartati mengatakan, hilangnya Google view image memang sedikit disesalinya, karena ketika harus membuka website di mana image atau foto itu berada, terkadang tidak ada dibagian atas, harus mencarinya ke bawah.

"Kalau ada kan saya kadang view imege dulu, terus ketika sudah diunduh, baru masuk ke website yang memiliki gampar tersebut untuk menyematkan link website. Tapi saya biasanya menggunakan gambar yang memang sudah dikhususnya free (gratis)," tuturnya.

Ya, mungkin, kata dia, sekarnag harus lebih rajin lagi dan sabar. Tidak ada salahnya sih memang jika tujuannya itu untuk melindungi hak cipta fotografer. "Bagus malah. Tapi ya itu, sedikit repot aja jadinya," ujarnya terkikik kecil.

Namun, bagi Anda yang merasakan hal yang sama, tidak perlu khawatir. Anda cara lain untuk memunculkan atau kembalikan fitur view image di pencarian goole. Yaitu menggunakan ekstensi pada browser Google Crome . Dan ini juga bisa Anda lakukan di browser Firefox. Langkahnya:

Masuk ke Crome Aplikasi
Untuk kembalikan view image, pertama Anda bisa masuk ke Crome aplikasi, chrome://apps/ kemudian Anda bisa klik web store. Kemudian Anda akan diarahkan ke berbagai menu aplikasi ekstensi. 

Di kolom pencarian Anda bisa ketikan "vie image" sebagai keyword. Otomatis Anda akan menemukan ekstensi yang dicari. Setelah itu, Anda bisa klik tombol "Add to crome" di samping kanan ekstensi "vie image".

Menginstal otomatis
Ketika tahan di atas telah Anda lakukan, kemudian Akan muncul pop-up dan Anda klik tombol "Add extension". Setelah itu tunggu beberapa saat agar fitur ekstensi ini terinstal di browser crome Anda.

Setelah itu, Anda bisa masuk ke kolom pencarian google dan lihat hasilnya. Fitur view image sudah kembali muncul dan Anda bisa dengan mudah kemabli langsung menuju gampar yang Anda cari.

Catatannya, ketika ingin instal ekstensi ini, tentu komputer atau laptop Anda harus terintegrasi dengan internet. ** (SS)

SHARE