Mix and Match, Tampil Elegan dengan Jas Formal - Male Indonesia
Mix and Match, Tampil Elegan dengan Jas Formal
MALE ID | Looks

Sebelum masuk ke formula untuk jas formal, Anda harus memastikan dasar-dasarnya. Hal ini dikarenakan pria memang jarang untuk berinvestasi dengan setelan baru. Padahal menyegarkan tampilan sangatlah penting. Dalam tingkatan pertama ini, Anda perlu membeli minimal lima kemeja untuk melengkapi setelan jas Anda. 

Jas Formal - Male Indonesiapixabay.com

Segi warna untuk mencocokan setiap jas formal Anda, yang bisa Anda sematkan adalah putih klasik dan biru pucat dan menambahkan sedikit kualitas saat Anda membelinya. Kemudian, Anda juga jangan lupa akan aksesoris. Ada juga kesalahan umum yang dilakukan pria, yakni keengganan untuk mencampur pola, sehingga menciptakan tampilan monoton, khususnya untuk setelah jas, kemeja, dan dasi polos.

Selain itu, ada pula yang terlalu banyak pola, sehingga tidak jelas arah dan tujuan style yang dikenakannya. Hasilnya pun membingungkan. Baiknya, jika Anda memiliki keduanya, padukan antara pola dengan potongan polos. Setelah itu, langkah selanjutnya yang dibutuhkan adalah pemahaman akan warna komplementer, sentuhan akhir dan kesesuaian sepatu. Setalah mengetahui dasar tersebut, berikut beberapa langkah untuk mencocokan setiap jas formal Anda.

Perpaduan Jas dengan Kemeja
Pondasi ini adalah pondasi umum untuk jas formal Anda. Namun ada yang tidak pernah gagal ketika Anda benar-benar baik memadukan warna. Seperti kemeja putih klasik yang dipadukan dengan warna senada yang sesuai. Misalnya, warna ungu dengan ungu merupakan dua warna yang senada, ini sesuai dengan setelan abu-abu atau biru tua, sementara abu-abu lembut (muda) dan periwinkle adalah pilihan yang baik dengan jahitan hitam.

Ketika Anda ingin sedikit membuat warna karena ingin dipadukan dengan perhiasan, Anda bisa menjaga agar benda-benda yang Anda kenakan tetap netral. Jika Anda bereksperimen dengan setelan baju hijau atau setelan burgundy, cobalah versi ringan dari warna yang sama dengan setelan Anda. 

Trik tonal (senada) juga bekerja pada warna yang lebih standar untuk member kedalaman pakaian Anda. Kemeja biru cornflower dengan mikroprint terlihat luar biasa dengan setelan indigo yang lebih lebar.

Perpaduan Kemeja dengan Dasi
Pencarian untuk dasi bisa sangat banyak.Ada begitu banyak warna, corak, pola dan tekstur, tapi tidak perlu mengikuti itu semua. Setelah Anda mengkonfirmasi kode berpakaian umum, kenali warna keseluruhan. Dasi harus melengkapi warna yang mendominasi dengan warna atau garis keseluruhan, atau memilih pola atau warna yang kontras.

Cobalah mencocokkan dasi biru yang kaya dengan kemeja biru langit dan setelan jas biru tua untuk tampilan tonal, atau dasi merah untuk beberapa kontras warna. Jika Anda memakai abu-abu, tetap dengan nada yang tidak "berbunyi" seperti coklat atau merah anggur, atau pilih dasi hitam untuk efek garam dan lada yang tajam. Jika Anda mengenakan setelan hitam, dan Anda berkulit terang, gunakan dasi untuk mematikan kontras antara Anda dan setelan dengan memilih warna hangat seperti burgundy.

Anda perlu memerhatikan bahwa tidak semua kemeja dan dasi bisa bekerja dengan baik. Hindari pasangan warna merah dan hijau, hitam dan oranye, merah, putih dan biru dan sebagainya. 

Perpaduan Kaus Kaki dengan Jas
Mencocokan jas formal selanjutnya adalah denga memadukannya dengan kaus kaki. Pria hubungannya dengan kaus kaki kadang tidak begitu "harmonis". Karena mungkin merasa kurang memiliki efek. Padahal ini penting untuk memaksimalkan gaya formal Anda.

Ketika ingin mencocokan, teknik yang sangat mudah adalah mencocokan warna kaus kaki dengan warna celana. Hitam di atas hitam. 

Perpaduan Jas dengan Sepatu
Mencocokan jas formal Anda selanjutnya adalah memadukan kemeja dengan sepatu. Selalu kenakan sepatu hitam dengan setelan hitam. Sepatu cokelat akan bekerja dengan warna angkatan laut atau abu-abu. 

Tetapi Anda jangan hanya terpatok dengan warna sepatu, gaya sepatu juga penting. Berikan sentuhan sederhana untuk gaya sepatu Anda, seperti brogue klasik, derby atau sepatu untuk setelan klasik. Karena hal tersebut jauh lebih mudah untuk membuat pernyataan up-top dengan aksesoris Anda. ** (SS)

SHARE