Mengenal Reli Dakar, Ajang Balap Terganas di Dunia | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Mengenal Reli Dakar, Ajang Balap Terganas di Dunia
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Setiap awal tahun, ajang balap paling ganas di dunia yang pernah ada, Reli Dakar, digelar selama kurun waktu dua minggu. Penggagasnya adalah Amoury Sport Organization, yang pada tahun 1978 mengadakan lomba reli terbuka bagi pebalap amatir maupun profesional.


X-raid1/wikipedia

Ajang ini dinamakan Reli Dakar (Rally Dakar), karena masing-masing peserta memulai balapan dari Paris, Prancis dan finish di Dakar, Senegal. Dari dataran Eropa nan biru, kemudian berubah ketika menginjak benua Afrika yang terkesan gersang dan sebagian lokasi berupa gurun.

Dibutuhkan berbagai persiapan agar peserta bisa melalui lintasan yang sedemikian panjangnya. Meliputi keterampilan fisik, ketangguhan mesin mobil, alat navigasi canggih, setelan mesin yang pas serta kekompakan antara pebalap dan tim teknisi.


Claudio Castro/wikipedia

Mungkin MALEnials tidak pernah mengira, bahwa ajang Reli Dakar ditemukan secara tak sengaja. Yup, adalah pebalap asal Prancis, Thierry Sabine yang membuat balapan tersebut eksis hingga sekarang. Di tahun 1977, ia tersesat di gurun Tenere, sisi selatan gurun Sahara.

Menganggap lokasinya tersesat punya potensi tinggi dijadikan trek balap, ia (Thierry-red.) langsung menggelar reli yang dimulai dari Paris dan berakhir di kota Dakar pada tahun 1978. Pada kompetesi pertama, 182 peserta terjun dan hanya 74 peserta saja yang berhasil mencapai garis finish. Pemenangnya adalah Cyril Neveu, pebalap asal Prancis yang mengendarai Yamaha XT 500.


Merzouga Rally/wikipedia

Keganasan Rally Dakar rupanya bikin banyak orang penasaran. Di tahun 1984, jumlah kendaraan yang ikut serta mencapai 427 kendaraan atau dua kali lipat dari saat pertama kali diadakan.

Setahun berselang, pabrikan mobil asal Jepang, Mitsubishi meraih posisi juara umum untuk kali pertama. Kemenangan ini menjadi awal rekor 12 kemenangan yang ditorehkan Mitsubishi, dan sampai sekarang belum pernah ada pabrikan mampu memecahkan rekor tersebut.


wikipedia

Puncak kejayaan Reli Dakar terjadi di era 2000-an, dimana jumlah pesertanya mencapai 595 orang (2004) dan rekor 688 peserta (2005). Sayangnya, di tahun 2008 reli tidak diadakan akibat kisruh teroris di Mauritania yang mengancam keselamatan peserta. Alhasil, ajang reli harus meninggalkan benua Afrika dan dipindahkan ke wilayah Amerika Selatan sejak 2009.

Sebagaimana diketahui bersama, Dakar 2018 telah dilangsungkan Januari lalu dengan peserta sebanyak 400 orang dari 50 negara berbeda, mengambil start di Lima, Peru dan berakhir di Cordoba, Argentina. Berkaitan akan hal itu, sang penggagas, Amaury Sport Organisation berencana mengembalikan Rally Dakar ke tanah Afrika. Mereka hanya menunggu sampai situasi benar-benar memungkinkan.**GP

SHARE