Sejam di Akhir Pekan Bisa Hindari Benci Hari Senin - Male Indonesia
Sejam di Akhir Pekan Bisa Hindari Benci Hari Senin
MALE ID | Works

Membenci hari Senin, hampir pernah dirasakan setiap karyawan. Bahkan tidak jarang, rasa benci pada awal hari ini (Senin) menimbulkan efek yang kurang baik. Hari senin yang seharusnya jadi amunisi sebagai performa Anda menghadapi hari berikutnya, malah menyusut.

hari Senin - Male IndonesiaPhoto by Ümit Bulut on Unsplash

Banyak hal yang dapat memengaruhi orang membenci hari Senin. Salah satunya kerap berlibur di akhir pekan. Sebuah studi mengatakan, orang yang belum bisa sepenuhnya lepas dari pekerjaan, saat berlibur justru menjadi “kering” secara emosional ketika pulang berlibur. Hal itu karena, tujuan utama berlibur untuk menyegarkan pikiran tak tercapai, dan bahkan menjadi lebih stres dua kali lipat dari sebelumnya. 

Ha lainnya, yakni pola tidur di akhir pekan. Meski mereka yang tidak melakukan liburan di akhir pekan, ada kalanya kegiatan yang bisa sampai larut malam. Seperti ngopi bareng atau sekadar nongkrong bersama. Sehingga hal itu memicu pada pola tidur yang berubah setiap akhir pekannya. Ketika itu terjadi, pada hari Seninnya, mereka merasa lebih lelah karena kurang tidur. 

Untuk mengantisipasi itu semua, sebaiknya Anda mengatur pekerjaan, jam tidur, dan kegiatan yang cukup. Agar semua itu bisa lancar, Anda hanya membutuhkan satu jam saja diakhir pekan. Apa saja?

1. Menulis Rencana untuk Satu Minggu
Menulis rencana untuk menghadapi rutinitas satu minggu ke depan bisa Anda lakukan. Ini tentu tidak akan memakan banyak waktu. Ketika sudah Anda rencanakan, konon metode ini dapat membantu Anda untuk menjalani hari Senin lebih siap dan bisa menghindari kejutan-kejutan yang tidak menyenangkan.

2. Mengingat Tujuan Kerja
Hal ini penting. Memang terkadang orang yang khususnya pria lupa akan tujuan bekerja saat sudah nyaman mendapatkan pekerjaan. Apalagi ia yang masih single. Agar terhindari dari rasa membenci hari Senin, Anda bisa melakukan setiap Minggunya sebelum tidur untuk ingatkan diri sendiri mengapa Anda memilih karir yang sedang Anda jalani sekarang ini.

3. Memanjakan Diri
Berlibur tidak ada yang salah, nongkrong juga tidak yang melarang untuk Anda dalam menghabiskan akhir pekan setelah lelah rutinitas. Namun seperti disebutkan di atas, jika tidak siap, Anda akan mendapatkan efek yang malas untuk menghadapi hari Senin.

Maka dari itu, sisihkan satu hari khususnya hari Minggu untuk memanjakan diri Anda sendiri. Anda bisa pergi ke tempat yang tidak perlu jauh-jauh namun tetap menjaga pola waktu Anda. Misalnya bersepeda, penuhi hobi Anda, atau dengan merelaksasi diri Anda sendiri, seperti menonton atau hal sebagainya. Sehingga, ketika Minggu malam, esoknya Anda bisa siap menhadapi hari Senin. ** (SS)

SHARE