Band Rock dengan Personil Wanita-Wanita Ayu | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Band Rock dengan Personil Wanita-Wanita Ayu
Sopan Sopian | News

Tidak ada syarat jenis kelamin untuk personil sebuah band, begitu pun band rock. Namun, genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50-an ini memang dikenal dengan personil pria yang terlihat garang dengan suara yang khas.

Personil HAIM-FOTO: Slackernrrd/Wikipedia

Secara umum, band rock terdiri dari pemain gitar, penyanyi utama (lead singer), pemain gitar bass, dan drummer (pemain drum), membentuk sebuah quartet. Tentu sedikit unik jika persnol keseluruhannya adalah wanita. Ditambah lagi memiliki paras yang ayu atau cantik

Pastinya memiliki daya tarik sendiri bagi pria pecinta genre musik ini. Lalu, band rock apa saja yang seluurh personilnya wanita ayu?

The Runaways

Runaways dibentuk pada akhir tahun 1975 oleh drummer Sandy West dan gitaris Joan Jett. Band rock ini digawangi oleh Cherie Currie (vokal), Joan Jett (gitar), Lita Ford (gitar), Micki Steele (bass), dan Sandy West (drum).

Runaways masuk ke Mercury Records pada tahun 1976 dan album debut mereka, The Runaways , dirilis tak lama setelah satu tahun terbentuk. Letenaran para wanita yang menggawangi band rock ini selama empat tahun, mereka sudah memiliki empat album dan satu live album. 

Karena ketidaksepakatan mengenai uang dan pengelolaan band, Runaways dan Kim Fowley berpisah pada tahun 1977. Meski ada perpisahan, band pemilik lagu 'Cherry Bomb' ini begitu terkenal di Jepang. The Runaways bahkan memiliki sebuah acara televisi di negara tersebut, yang sangat begitu populer kala itu.

HAIM

HAIM adalah grup band pop rock bersaudara asal Los Angeles, Amerika. Personilnya terdiri dari Este Arielle Haim, Danielle Sari Haim, dan Alana Mychal Haim. Band ini dibentuk pada 2007. Sebelum membentuk sebuah band, mereka menghabiskan masa kecil sebagai bagian dari grup band keluarga bernama Rockinhaim.

Trio kakak-beradik Este, Danielle, dan Alana Haim membuktikan bahwa wajah cantik dan tubuh yang bagus bukan hanya dipakai sebagai modal untuk membentuk girl band kacangan saja. Mereka benar-benar membentuk sebuah grup band yang memiliki karakter musik berkualitas.

Selama sepuluh tahun berkarya, HAIM telah berhasil menelurkan dua studio album, ‘Days Are Gone’ (2013), dan ‘Something to Tell You’ (2017). Dua album tersebut sukses di pasaran. 

Sayangnya, mereka sibuk dengan proyek-proyek lain, sehingga HAIM tidak berjalan dengan serius. Este belajar Etnomusikologi di UCLA. Sedangkan Danielle diminta untuk bermain drum untuk pembuka di salah satu tur Jenny Lewis. Lewis meminta Danielle menjadi gitaris di tur selanjutnya.

Rock Goddess

Rock Goddess adalah band heavy metal asal Inggris yang dibentuk di Wandsworth , South London, pada tahun 1977 oleh dua bersaudara, Jody Turner dan Julie Turner. Band ini awalnya aktif selama gelombang baru gerakan musik heavy metal Inggris , merilis dua single yang masuk dalam tangga lagu Top 75 di Inggris. 

Band ini mengikuti kultus sepanjang tahun 1980-an dan direformasi pada tahun 2013. Karena kerap melakukan bongkar pasang personel, kini Rock Goddess digawangi oleh trio Josy Turner (vokal dan gitar), Julie Turner (drum), dan Tracey Lamb (bass). 

Pada 2017, Rock Goddes berhasil menelurkan sebuah EP bertajuk ‘It’s More Than Rock and Roll’, setelah sebelumnya berencana untuk merilis album ‘Unfinished Business’. Meski banyak fans, Rock Goddess bukanlah band yang banyak menciptakan karya. Sampai saat ini mereka hanya menelurkan tiga album, ‘Rock Goddess’ (1983), ‘Hell Hath No Fury’ (1983), ‘Young and Free’ (1987), dan sebuah EP, ‘It’s More Than Rock and Roll’ (2017). 

Warpaint

Warpaint adalah band rock indie Amerika dari Los Angeles, California, dibentuk pada tahun 2004. Hingga saat ini, Warpaint sudah memiliki tiga album bertajuk ‘The Fool’ (2010), ‘Warpaint’ (2014), dan ‘Heads Up’ (2016). 'The Fool' digadang-gadang sebagai album terbaik Warpaint.

Seperti band rock lainnya, Warpaint juga kerap bongkar pasang personil. Kini, band rock ini digawangi oleh Emily Kokal (vokal dan guitar), Theresa Wayman (guitar dan vokal), Jenny Lee Lindberg (bass dan vokal), dan Stella Mozgawa (drum).

Gaya hippie ala Warpaint, seperti mewarnai rambut dan menumbuhkan bulu ketiak, juga menjadi tren tersendiri bagi fans mereka. Bisa dikatakan Warpaint adalah salah satu band yang kembali mempopulerkan fashion hippies di era milenial ini. Awal Agustus 23 hingga 27 Oktober 2017, mereka melakukan tur dan pembuka khusus dalam Depeche Mode's global Roh Tour.

Scandal

Band rock ini berasal dari Asia, tepatnya dari Osaka, Jepang. Band yang dibentuk sejak duduk di bangku SMA ini digawangi oleh Haruna Ono, Tomomi Ogawa, Mami Sasazaki, dan Rina Suzuki. Sebuah catatan menarik tentang band ini adalah cara yang unik dalam mempromosikan band mereka. 

Karena mereka adalah penggemar anime dan manga Jepang, mereka ingin diwakili dalam bentuk anime, mengubah setiap anggota menjadi karakter anime. Sampai saat ini, Scandal merupakan band yang terus aktif merilis berbagai karya. Terhitung sejak 2009, mereka telah memiliki tujuh album, ‘Best Scandal’ (2009), ‘Temptation Box’ (2010), ‘Baby Action’ (2011), ‘Queens are Trumps’ (2012), ‘Standard’ (2013), ‘Hello World’ (2014), dan ‘Yellow’ (2016). 

Mereka pernah menyambangi Indonesia pada 2013 dalam rangkaian tur bertajuk ‘Scandal Hall Tour’ dalam rangka mempromosikan album ‘Standard’ (2013). ** (SS)

SHARE