Mengapa Kebiasaan Selingkuh Sulit Dihilangkan? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Mengapa Kebiasaan Selingkuh Sulit Dihilangkan?
Gading Perkasa | Relationships

Barangkali Anda pernah menjalin hubungan dengan wanita yang mempunyai kebiasaan selingkuh di masa lalu. Atau justru Anda sedang dibohongi olehnya saat ini?

kebiasaan selingkuh - Male Indonesiapixabay.com

Perlu digarisbawahi sedari sekarang, jangan pernah Anda beranggapan bahwa wanita yang punya kebiasaan selingkuh akan benar-benar jera dan tidak mengulanginya di kemudian hari. Bisa jadi ia semakin pintar dalam menyembunyikan sesuatu dari siapapun, termasuk pasangannya.

Artinya, Anda memiliki alasan jelas untuk mencurigai wanita yang telah menipu Anda, bukan sekadar memaafkan dan lupa begitu saja. Demikian berdasarkan studi terbaru dalam jurnal Archives of Sexual Behavior.

Para peneliti melakukan survei terhadap responden yang memiliki hubungan jangka panjang mengenai kisah perselingkuhan mereka. Dari seluruh responden dengan kebiasaan selingkuh atau tidak setia di hubungan terdahulu, sebanyak 30% responden berselingkuh di belakang pasangan mereka saat ini.

Sedangkan, hanya sekitar 13% yang tak pernah selingkuh dari pasangan mereka. Pola tersebut berlaku bagi pria maupun wanita, dan didukung oleh penelitian sebelumnya. Para peneliti menyebutnya sebagai efek ambang batas. “Setelah Anda berselingkuh, mengulangi perselingkuhan bisa terlihat seperti bukan masalah besar,” ujar Frank Dattilio selaku penulis studi sekaligus psikolog klinis di Allentown.

Kendati demikian, hasil penelitian tidak serta-merta membuat Anda kesulitan atau mustahil mengubah sudut pandang mereka. Pasalnya, 70% dari mereka menemui jalan buntu alias tersesat di masa lalu, sebelum akhirnya dapat menjadi pasangan setia dalam hubungannya sekarang.

Jadi, bagaimana cara Anda mencari tahu apakah wanita yang punya kebiasaan selingkuh bisa dipercaya lagi? Frank mengatakan pentingnya komunikasi dan melihat reaksinya sebelum bertindak. “Bicarakan dengan pasangan terkait perselingkuhan, dan lihatlah bagaimana ia bereaksi,” katanya.

Apabila pasangan terkesan meremehkan dan berkata seraya Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal itu, besar probabilitas Anda memiliki alasan mencurigainya. Tandanya, pasangan Anda kurang menghargai kesetiaan.

Namun, ketika pasangan mengakui perbuatannya di masa lalu (jika memang sempat berselingkuh) dan sadar akan kesalahannya, ketahuilah bahwa ia benar-benar serius dan menyesal. Anggapannya pun sama seperti Anda, selingkuh merupakan dosa besar. Anda juga dapat perlahan-lahan memercayainya lagi.**GP

SHARE