Makanan Kadaluarsa yang Masih Layak Dikonsumsi - Male Indonesia
Makanan Kadaluarsa yang Masih Layak Dikonsumsi
MALE ID | Sex & Health

Makanan kadaluarsa tentu sudah seharusnya dibuang. Sebab, mengonsumsinya bisa mendatangkan risiko berbahaya bagi tubuh kita.

makanan kadaluarsa - male IndonesiaPixabay.com

Setiap dari kita selalu memerhatikan tanggal kadaluarsa pada kemasan bahan makanan. Pada dasarnya, tanggal tersebut memberi informasi kapan produk makanan atau minuman berada di puncak kualitas dan kesegarannya. Setelah melewati tanggal, makanan itu tergolong makanan kadaluarsa.

Kendati demikian, tak semua makanan yang sudah kadaluarsa harus dibuang. “Mengawasi tanggal penggunaan makanan pasti penting, tapi tidak perlu membuang makanan itu,” kata Toby Amidor, ahli gizi dan penulis buku The Easy 5-Ingredient Healthy Cookbook.

Beberapa makanan justru masih layak kita konsumsi walau tanggal kadaluarsa telah terlewat. Ini dapat membantu mengurangi limbah makanan serta menghemat biaya belanja. Apa saja makanan kadaluarsa yang dimaksud?

Produk Susu
Toby mengatakan, bahwa produk yang terbuat dari susu seperti keju dan yogurt aman dikonsumsi hingga muncul tanda pembusukan. Produk susu biasanya mampu bertahan lima hari sejak batas tanggal kadaluarsa. Keju yang berbentuk keras juga dapat bertahan lama.

Sereal dan Produk Biji-Bijian Lain
Makanan seperti sereal, pasta dan kue kering masih bisa Anda konsumsi meski melewati tanggal kadaluarsa. Hanya saja rasanya sedikit hambar. Sementara jika terdapat kerusakan pada kemasannya, berarti makanan telah terkontaminasi. Entah karena hewan pengerat atau sebab lain. Maka, Anda harus segera membuangnya.

Makanan Kaleng
Menurut Alan Aragon, peneliti dalam bidang nutrisi, makanan olahan bisa bertahan lebih lama dari tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan. Tanggapan serupa dikemukakan oleh Toby. Dimana kondisi tersebut juga berlaku untuk makanan kaleng. Demi meminimalisir kerusakan, Anda dianjurkan menyimpan makanan kaleng di tempat yang sejuk dan tidak terkena cahaya matahari langsung.

Namun, Anda perlu mewaspadai tanda-tanda kerusakan makanan dari luar kaleng atau ketika sedang membukanya. Bila bagian atas atau bawah kaleng tampak menonjol, segel rusak dan berkarat, buanglah. Busa yang terlihat di kemasan kaleng menandakan adanya botulisme, dimana akan menyebabkan seseorang keracunan.

Buah dan Sayuran Beku
Sebagian besar buah dan sayuran beku masih bisa Anda makan terlepas dari tanggal kadaluarsa yang berlaku. Bahkan, saat makanan menunjukkan tanda-tanda freezer burn atau muncul bintik-bintik es di permukaan, besar kemungkinan makanan tersebut aman dikonsumsi. Ingat, jangan coba-coba mencairkan makanan beku kemudian menyimpannya kembali di kulkas karena berpotensi melahirkan bakteri.**GP

SHARE