Kecantikan Gunung Merbabu yang Membius Wisatawan - Male Indonesia
Kecantikan Gunung Merbabu yang Membius Wisatawan
MALE ID | Relax

Provinsi Jawa Tengah menjadi rumah bagi gunung-gunung indah nan cantik, di antaranya adalah Gunung Merapi, Gunung Slamet dan Gunung Merbabu. Untuk gunung yang terakhir disebutkan, kecantikannya seringkali ‘membius’ para wisatawan.


Uprising/wikipedia

Berada di tiga wilayah kabupaten, yaitu Magelang, Boyolali dan Semarang, Gunung Merbabu merupakan ‘saudara’ kembar Gunung Merapi yang masih aktif. Wisatawan akan disuguhkan panorama menawan di atas ketinggian 3.145 mdpl.

Jalur pendakiannya cukup spesial, sehingga sayang bila dilewatkan. Medannya tidak terlalu berat, hanya saja atmosfer ekstrem dari kabut tebal dan udara dingin membuat Anda tetap harus berhati-hati kala mendaki.

Merbabu memiliki lima buah kawah, antara lain Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab dan Sambernyowo. Serta dua puncak yang menawarkan keindahan tiada tara, Syarif dan Songo.

Lima Jalur Pendakian


Ankana arsy/wikipedia

Keunikan Merbabu yang membuatnya berbeda dari Gunung Merapi terletak pada jalur pendakiannya. Gunung ini mempunyai lima jalur pendakian di tiga daerah administrasi kabupaten, karenanya sangat mudah dijangkau.

Jika MALEnials datang dari kota Semarang, Anda cukup menggunakan jalur Kopeng Thekelan di Salatiga. Sementara bagi Anda yang berada di Magelang, jalur Wekas adalah jalur favorit para pendaki.

Dua jalur tersebut tidak memungkinkan untuk ditempuh? Jangan khawatir. Gunung Merbabu masih menyediakan jalur Kopeng Cunthel, Suwanti dan Selo. Khusus di jalur Selo, Anda bakal ditemani oleh pendaki lain karena merupakan jalur utama. Tiap jalur dibekali empat hingga lima pos pemberhentian bagi Anda yang butuh beristirahat sejenak.

Wisata di Kaki Gunung


Amiew27/wikipedia

Anda juga tetap dapat menikmati Merbabu tanpa melakukan pendakian. Pasalnya, masih banyak tempat-tempat wisata di kaki gunung yang tidak kalah menakjubkan. Salah satunya yaitu Desa Samiran di Selo, Boyolali. Berwujud desa wisata, Desa Samiran siap memanjakan Anda lewat beragam kecantikan alamnya.

Hamparan sawah hijau berpadu dengan pemandangan cantik Gunung Merbabu yang menjulang tinggi. Semilir angin gunung pun menyebabkan setiap orang yang datang berkunjung betah berlama-lama di desa ini. Sebelum Anda selesai dan berkemas, pastikan datang ke Goa Raja. Tempat di mana Raja dan Ratu Kasunanan Surakarta bermeditasi mencari ketenangan.**GP

SHARE