Modifikasi Motor yang Memikat Kaum Hawa - Male Indonesia
Modifikasi Motor yang Memikat Kaum Hawa
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Jenis modifikasi motor seperti apa yang menjadi favorit anda wahai para priaOldies but goodiesmodern style atau modifikasi ekstrim? Setiap modifikasi tentu sah-sah saja dilakukan, dan masing-masing orang memiliki selera tersendiri.

pexels.com
pexels.com

Tren modifikasi motor di Indonesia kian digeluti para pria sejak beberapa tahun belakangan. Alirannya pun bermacam-macam, dan tak jarang menabrakkan dua konsep menjadi satu. Tapi harap diingat bahwa tidak semua jenis modifikasi motor terlihat bagus atau keren di mata wanita.

Perlu anda ketahui, bahwa jenis modifikasi motor menentukan identitas motor itu sendiri, begitu juga pemilik kendaraannya. Alangkah baiknya bila anda paham betul konsep motor yang akan dibangun. Siapa tahu, hasil karya anda bisa memikati hati seorang wanita di kemudian hari.

Lalu apa saja jenis modifikasi motor yang bisa menjadi referensi anda? Simak langsung penjelasannya di bawah ini.

Chopper

jenis modifikasi
pixabay.com

Modifikasi ini mengacu pada motor gede pabrikan Amerika bernama Harley Davidson. Selalu identik dengan posisi setang tinggi, posisi handle gas maupun kopling yang lebih ke atas, front fork panjang dan kerap menggunakan mesin mobil. Setang motor chopper berjenis Ape Hanger, disertai posisi duduk pengemudi yang rendah.

Cafe Racer

jenis modifikasi
Photo by MARK ADRIANE on Unsplash

Aliran cafe racer mengadopsi ciri khas motor balap era 60-an. Desain sangat mudah dikenali dari bodi yang ramping dan enteng. Menilik sektor kemudi, setang menggunakan model jepit dan rendahnya jok pengemudi. Bagian tangki dipanjangkan dan dibuat sedikit lekukan agar paha dapat lebih mudah menjepit motor, sesuai dengan fungsinya sebagai motor balap klasik.

Street Tracker

jenis modifikasi
Flattrackers and Caferacers Parts and bikebuilds

Street tracker merupakan perpaduan dari motor berjenis enduro dan motor harian. Penampilannya menyerupai motor trail era 80-an seperti Honda XL, Suzuki TS dan Yamaha DT, dengan sedikit penyesuaian untuk kebutuhan di jalan raya. Ban yang digunakan bertekstur kotak-kotak untuk melewati medan aspal maupun medan tanah yang ringan.

Scrambler

jenis modifikasi
HansFritzvonUmlauts/Wikimedia

Sekilas mirip dengan aliran Jap Style, namun fungsinya lebih mirip dengan street tracker. Scrambler memiliki ciri penggunaan ban ukuran besar, mengaplikasi mono-shock di bagian belakang, lampu bulat serta setang semi-hanger. Meski, ukuran jokScrambler terbilang pendek.

Jap Style

Gadfium

Desain modifikasi jap style terlihat ramping dan mudah dikenali. Tampilan klasik dan retro menjadi hal yang utama. Tangki motor berjenis jap style cenderung lebih kecil dibandingkan motor klasik lainnya. Sedangkan dari setang sendiri menggunakan tipe setang original pabrik milik motor 2-tak.

Bobber

jenis modifikasi
Brian Snelson/wikimedia

Desain Bobber serupa dengan motor berjenis chopper. Satu yang membedakan adalah, profil ban yang terlihat gemuk seperti donat pada bagian depan maupun belakang menjadi ciri khas aliran modifikasi ini.

Vintage Bike

jenis modifikasi
pixabay.com

Para pecinta aliran vintage bike sejatinya tidak melakukan modifikasi apapun, dalam artian mempertahankan unsur orisinalitas motor atau disebut bawaan pabrik. Terlihat cukup simple, bukan? Jangan keliru. Jenis modifikasi motor vintage bike bisa jadi menguras isi dompet anda. Hal ini dikarenakan harga sparepart asli sangatlah mahal. Di sisi lain, tidak mudah mendapatkanbarang yang dicari lantaran stok yang langka.**GP

SHARE