Bukan Hanya Pengusaha, Karyawan Juga Bisa Sukses - Male Indonesia
Bukan Hanya Pengusaha, Karyawan Juga Bisa Sukses
MALE ID | Works

Jadi pengusaha adalah mimpi setiap orang, khususnya seorang karyawan. Apalagi mereka yang berpikir bahwa menjadi karyawan tidaklah dapat berkembang dengan gaji yang tak pernah ada peningkatan.

pengusaha - Male Indonesiapexels.com

Selain itu, jadi pengusaha memang kini sedang marak digandrungi. Karena pegiat startup kian tumbuh di lingkungan karyawan atau di lini bisnis digital seperti sekarang ini. Tetapi Anda jangan sampai mengikuti arus yang memang belum Anda pikirkan. Sebab jadi pengusaha tidak semudah yang Anda pikirkan. Jadi karyawan juga bisa sukses. Ini alasannya!

Tiap Orang Memiliki Passion yang Sama
Anda pasti pernah dengar ketika orang jadi pengusaha beralasan sudah penggilan hidup. Itu tidak salah. Tetapi ketika Anda ingin mejadi pengusaha, tanyakan pada diri sendiri, apakah benar-benar ingin jadi pengusaha atau entrepreneur? Bila jawabannya tidak, tidak perlu memaksakan diri melakukannya.

Karena dalam hal ini passion sangatlah penting di dunia wirausaha. Bila tidak memiliki tekad yang kuat, tidak akan bisa bertahan ketika kesulitan menerpa. Bahkan tidak hanya wirausaha, apa pun bidang profesional yang Anda geluti, passion adalah syarat utama untuk mencapai kesuksesan.

Karyawan Juga Bisa Kaya
Seorang karyawan ingin berwirausaha memiliki banyak alasan. Salah satu alasannya adalah, terbatasnya penghasilan dan tidak meningkatnya penghasilan itu sendiri. Memang wirausaha identik dengan kesempatan mendapatkan penghasilan yang besar. Tapi pada kenyataannya tidak sesederhana itu. Ada juga pengusaha yang pendapatannya sekadar cukup untuk hidup sehari-hari.

Namun, seperti dikatakan dalam poin pertama, passion adalah hal penting. Tetapi ketika Anda masih belum memiliki, jangan sahal, karyawan juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa wirausaha, misalnya dengan cara berinvestasi. Bentuknya pun bisa bermacam-macam. Bisa berinvestasi lewat saham, properti, atau emas. Tapi hati-hati, jangan sampai terjebak money game atau penipuan lain sebangsanya.

Tanpa Jadi Pengusaha Bisa Bahagia
Jangan sesali gaji yang Anda terima, karena bekerja sebagai karyawan artinya Anda akan mendapatkan penghasilan dengan jumlah dan tempo yang stabil. Meski jumlah tidak sebesar pengusaha sukses, kestabilan pendapatan memberikan nilai positif yang sangat berharga, yaitu ketenangan hati. Inilah alasan mengapa profesi Pegawai Negeri Sipil tetap populer hingga kini.

Berbeda dengan pengusaha yang kini kian marak diimpi-impikan. Sebagai pengusaha, Anda harus selalu memutar otak untuk mengurus usaha Anda sendiri, apalagi di masa-masa awal pendiriannya. Berbagai tanggung jawab akan senantiasa lekat di pikiran, baik itu tanggung jawab pada pelanggan, investor, hingga para co-founder dan karyawan.

Bila sudah menyandang pekerja yang baik, bisa memenuhi kebutuhan, dan mendapatkan ketenangan hati, artinya hidup Anda sudah “cukup”. Tanpa jadi pengusaha pun bisa bahagia. ** (SS)
 

SHARE